Jadwal Misa Streaming di KAJ (Paroki dan Komunitas)
Silahkan klik link di bawah ini
| NO | PAROKI | MISA MINGGU | MISA LAINNYA |
|---|---|---|---|
| 1 | Paroki Katedral Jakarta | Sabtu 16:00 | Harian 18:00 |
| https://youtube.com/KomsosKatedralJakarta/live | Minggu 09:00, 11:00, 17:00 | Jumper 12:00, 18:00 | |
| 2 | Paroki Alam Sutera – Gereja Santo Laurensius | Minggu 08:30 | Harian 06:00 |
| https://youtube.com/ParokiAlamSutera/live | Jumper 12:00 | ||
| 3 | Paroki Bekasi – Gereja Santo Arnoldus Janssen | Minggu 09:00 | – |
| https://youtube.com/ParokiArnoldus/live | |||
| 4 | Paroki Bekasi Utara – Gereja Santa Clara | Minggu 09:00 | – |
| https://bit.ly/GerejaSantaClara | |||
| 5 | Paroki Bidaracina – Gereja Santo Antonius Padua | Minggu 09:00 | Jumper 18:00 |
| https://tiny.cc/PaduaTvMisaMingguan | |||
| 6 | Paroki Bintaro – Gereja Santo Matius Penginjil | Minggu 09:00 | Jumper 08:00 |
| https://youtube.com/channel/UC_gmYRPvyHDe7nVV2U1RGqg | |||
| 7 | Paroki Bintaro Jaya – Gereja Santa Maria Regina | Minggu 09:00 | Harian 06:00 |
| https://live.parokibintarojaya.id | Jumper 12:00 | ||
| 8 | Paroki Blok B – Gereja Santo Yohanes Penginjil | Sabtu 17:00 | – |
| https://bit.ly/KomsosBlokB | Minggu 09:00 | ||
| 9 | Paroki Blok Q – Gereja Santa Perawan Maria Ratu | Minggu 09:00 | – |
| https://bit.ly/SPMRLIVE | |||
| 10 | Paroki Bojong Indah – Gereja Santo Thomas Rasul | Minggu 08:30 | Harian 18:30 |
| https://youtube.com/ParokiSathora/live | Jumper 19:00 | ||
| 11 | Paroki Cempaka Putih – Gereja Santo Paskalis | Minggu 10:00 | – |
| https://youtube.com/LiveGerejaPaskalis/live | |||
| 12 | Paroki Cijantung – Gereja Santo Aloysius Gonzaga | Minggu 08:00 | Harian 18:00 |
| https://youtube.com/channel/UCWZd_BljN80lf4oFyWnLlEg | |||
| 13 | Paroki Cikarang – Gereja Ibu Teresa | Minggu 10:00 | – |
| https://youtube.com/channel/UCOjlSq2cg9fynBjpWEyUR3A | |||
| 14 | Paroki Cilandak – Gereja Santo Stefanus | Minggu 10:00 | Jumper 18:00 |
| https://youtube.com/channel/UCVEMk2B1EpvEv_7aQR_DPmA | |||
| 15 | Paroki Cilangkap – Gereja Anak Domba | Minggu 09:00 | Sls, Rb, Kms 06:00 |
| https://youtube.com/KomsosCilangkap/live | Jum 17:00, Sbt 09:00 | ||
| 16 | Paroki Ciledug – Gereja Santa Bernadet | Minggu 08:30 | – |
| https://youtube.com/channel/UCiVxcp7D90duLHcwJjzDSUA | |||
| 17 | Paroki Cilincing – Gereja Salib Suci | Minggu 09:00 | Harian 18:00 |
| https://bit.ly/parokicilincing | Jumper 18:00 | ||
| 18 | Paroki Ciputat – Gereja Santo Nikodemus | Minggu 08:00 | Harian 18:00 |
| https://youtube.com/channel/UCySz2LDpt3kVhEFNKM4LL6Q | |||
| 19 | Paroki Citra Raya – Gereja Santa Odilia | Minggu 10:00 | – |
| https://youtube.com/KomsosOdiliaCitraRayaTangerang | |||
| 20 | Paroki Curug – Gereja Santa Helena | Minggu 09:00 | – |
| https://youtube.com/KomsosParokiCurug/live | |||
| 21 | Paroki Danau Sunter – Gereja Santo Yohanes Bosco | Minggu 09:00 | Jumper 18:00 |
| https://bit.ly/GerejaStYohanesBosco | |||
| 22 | Paroki Duren Sawit – Gereja Santa Anna | Minggu 08:30 | Jumper 18:00 |
| https://youtube.com/KomsosParokiDurenSawit/live | |||
| 23 | Paroki Grogol – Gereja Santo Kristoforus | Minggu 10:00 | Jumper 18:00 |
| https://youtube.com/GerejaKatolikStKristoforus/live | |||
| 24 | Paroki Halim Perdanakusuma – Gereja Santo Agustinus | Minggu 09:00 | Harian 18:00 |
| https://youtube.com/channel/UCG3kI-Gtkc7NjJYgcd_nFXw | Jumper 18:00 | ||
| 25 | Paroki Harapan Indah – Gereja Santo Albertus Agung | Minggu 10:00 | Harian 18:30 |
| https://youtube.com/KomsosStAlbertusAgung/live | Jumper 18:30 | ||
| 26 | Paroki Jagakarsa – Gereja Ratu Rosari | Minggu 09:00 | – |
| https://youtube.com/channel/UCUUFU4lHQQPK_0ge_1_II5Q | |||
| 27 | Paroki Jalan Malang – Gereja Santo Ignatius Loyola | Minggu 09:00 | Harian 06:00 |
| https://stignatiusloyola.id/live | Jumper 18:00 | ||
| 28 | Paroki Jatiwaringin – Gereja Santo Leo Agung | Minggu 08:30 | Jumper 17:00 |
| https://youtube.com/channel/UCUbfRyOn3KnscoWENTkSBdQ | |||
| 29 | Paroki Kalideres – Gereja Santa Maria Imakulata | Sabtu 18:00 | Harian 18:00 |
| https://youtube.com/ParokiKalideres/live | Minggu 10:00 | Jumper 18:00 | |
| 30 | Paroki Kampung Duri – Gereja Damai Kristus | Minggu 08:00 | Harian 18:00 |
| https://youtube.com/channel/UCymqBOZtNu77IywOt6PjQZg | Jumper 18:00 | ||
| 31 | Paroki Kampung Sawah – Gereja Santo Servatius | Minggu 08:30 | Jumper 18:00 |
| https://youtube.com/GerejaSantoServatius/live | |||
| Stasi Kranggan – Gereja Santo Stanislaus Kostka | Minggu 08:00 | – | |
| https://youtube.com/channel/UCF9i459SGHWMOgHNmY7c1FA | |||
| 32 | Paroki Kapuk – Gereja Santo Philipus Rasul | Minggu 08:00 | – |
| https://youtube.com/KomsosPhiras/live | (Minggu ke 2 & ke 4) | ||
| 33 | Paroki Karawaci – Gereja Santo Agustinus | Minggu 09:00 | |
| https://youtube.com/ParokiKarawaci/live | |||
| 34 | Paroki Kedoya – Gereja Santo Andreas | Minggu 08:30 | – |
| https://youtube.com/GerejaStAndreasParokiKedoya | |||
| 35 | Paroki Kelapa Gading – Gereja St. Andreas KTG | Sabtu 17:30 | Harian 06:00 |
| https://youtube.com/ParokiKelapaGading/live | |||
| 36 | Paroki Kelapa Gading – Gereja Santo Yakobus | Minggu 09:00 | Harian 06:00 |
| https://youtube.com/ParokiKelapaGading/live | |||
| 37 | Paroki Kemakmuran – Gereja Bunda Hati Kudus | Minggu 09:00 | Harian 18:00 |
| https://youtube.com/BundaHatiKudusKemakmuran/live | Jumper 18:00 | ||
| 38 | Paroki Kosambi Baru – Gereja Santo Matias Rasul | Minggu 08:30 | Harian 06:00 |
| https://tiny.cc/livestreamkosambibaru | Jumper 06:00 | ||
| 39 | Paroki Kramat – Gereja Hati Kudus | Minggu 16:00 | Harian 18:00 |
| https://youtube.com/GerejaHatiKudusParokiKramat-Live/live | Jumper 18:00 | ||
| 40 | Paroki Kranji – Gereja Santo Mikael | Minggu 08:30 | Jumper 18:00 |
| https://bit.ly/ParokiKranjiChannel | |||
| 41 | Paroki Kutabumi – Gereja Santo Gregorius Agung | Minggu 21:00 | – |
| https://youtube.com/KomsosGregoriusAgung/live | |||
| 42 | Paroki Lubang Buaya – Gereja Kalvari | Minggu 09:00 | – |
| https://kalvari.org/misa_online | |||
| 43 | Paroki Mangga Besar – Gereja St. Petrus dan Paulus | Minggu 10:00 | – |
| https://youtube.com/channel/UCj2k8W6lfx7IOFjtQIn-MHQ | |||
| 44 | Paroki Matraman – Gereja Santo Yoseph | Minggu 10:00 | Jumper 18:00 |
| https://youtube.com/ParokiMatraman/live | |||
| 45 | Paroki Meruya – Gereja Maria Kusuma Karmel | Minggu 08:00 | Harian 06:00 |
| https://bit.ly/LiveMisaMKK | Jumper 19:00 | ||
| 46 | Paroki Pademangan – Gereja Santo Alfonsus Rodriquez | Minggu 10:00 | Jumper 18:30 |
| https://youtube.com/channel/UC3HGkIduX76bLdFyo9VlZOw | |||
| 47 | Paroki Pamulang – Gereja Santo Barnabas | Minggu 09:00 | Jumper 18:00 |
| https://bit.ly/live-streaming-barnabas | |||
| 48 | Paroki Pantai Indah Kapuk – Gereja Regina Caeli | Minggu 10:30 | Jumper 18:00 |
| https://gereja.reginacaeli.id/misaonline | |||
| 49 | Paroki Pasar Minggu – Gereja Keluarga Kudus | Minggu 10:00 | Harian 06:30 |
| https://youtube.com/channel/UCjJs8qa5I4ieTJ9bReibcGg | |||
| 50 | Paroki Pluit – Gereja Stella Maris | Minggu 09:00 | – |
| https://youtube.com/StellaMarisPluit/live | |||
| 51 | Paroki Pulo Gebang – Gereja Santo Gabriel | Minggu 09:00 | Jumper 18:00 |
| https://youtube.com/ParokiPuloGebang/live | |||
| 52 | Paroki Pulomas – Gereja Santo Bonaventura | Minggu 08:00 | Harian 06:00 |
| https://bit.ly/BonaLiveMisa | Jumper 18:00 | ||
| 53 | Paroki Rawamangun – Gereja Keluarga Kudus | Minggu 09:00 | Harian 06:00 |
| https://youtube.com/channel/UCKogGoqcDdjWAKp2-sEdZgQ | Jumper 18:00 | ||
| 54 | Paroki Serpong – Gereja Santa Monika | Minggu 08:30 | – |
| https://s.id/qcYnX | |||
| 55 | Paroki Slipi – Gereja Kristus Salvator | Minggu 09:00 | – |
| https://youtube.com/channel/UCOKyrj–N9L0zaF7H2W9f8w | |||
| 56 | Paroki Sunter – Gereja Santo Lukas | Minggu 11:00 WIB | Jumper 18:00 |
| https://youtube.com/ParokiSantoLukasSunter/live | |||
| 57 | Paroki Taman Galaxy – Gereja Santo Bartolomeus | Minggu 08:30 WIB | – |
| https://youtube.com/GerejaSanbartoParokiTamanGalaxy/live | |||
| 58 | Paroki Tangerang – Gereja HSPMTB | Sabtu 18:00 WIB | Jumper 18:00 |
| https://youtube.com/ParokiTangerang/live | |||
| 59 | Paroki Tanjung Priok – Gereja Fransiskus Xaverius | Minggu 18:00 WIB | Jumper 18:00 |
| https://youtube.com/channel/UCWQzLZVD-7wjvNQonIQIr9Q | |||
| 60 | Paroki Tebet – Gereja Santo Fransiskus Asisi | Minggu 09:00 | Harian 06:00 |
| https://youtube.com/AsisiLive/live | Jumper 06, 12, 18 | ||
| 61 | Paroki Theresia – Gereja Santa Theresia | Sabtu 18:00 | Jumper 18:00 |
| https://bit.ly/theresialive | Minggu 08:00, 10:00, 19:00 | ||
| 62 | Paroki Toasebio – Gereja Santa Maria de Fatima | Minggu 09:30 | – |
| https://youtube.com/channel/UCmkQG4vNcwE4mYZ_ExbfLbg | |||
| 63 | Paroki Tomang – Gereja Maria Bunda Karmel | Minggu 09:00 | Jumper 18:00 |
| https://bit.ly/parokitomang-live | |||
| 64 | Pusat Pastoral KAJ Samadi | Minggu 07:00 | Harian 06:30 |
| https://youtube.com/PuspasKAJSamadi/live | Jumper 06:30 | ||
| 65 | Wisma Karmel Jakarta | Minggu 10:00 | Harian 06:00 |
| https://youtube.com/channel/UCI3ncd58loAZTkxG9p0ZO0A | Jumper 06:00 | ||
| 66 | ENGLISH MASS – St. Peter Canisius Int’l Catholic Parish | Saturday 15:30 | – |
| https://bit.ly/theresialive |
Note : Petunjuk dalam WIB (Waktu Indonesia Barat)
| JADWAL MISA STREAMING di KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA | Update: 18 Okt 2020 | |
|---|---|---|
| HARI SABTU | ||
| 15:30 | ENGLISH MASS – St. Peter Canisius International Catholic Parish | |
| 16:00 | Paroki Katedral Jakarta – Gereja SP Maria Diangkat ke Surga | |
| 17:00 | Paroki Blok B – Gereja Santo Yohanes Penginjil | |
| 17:30 | Paroki Kelapa Gading – Gereja St. Andreas KTG | |
| 18:00 | Paroki Kalideres – Gereja Santa Maria Imakulata | |
| Paroki Tangerang – Gereja HSPMTB | ||
| Paroki Theresia – Gereja Santa Theresia | ||
| HARI MINGGU | ||
| 06:00 | Paroki Theresia – Gereja Santa Theresia | |
| 07:00 | Pusat Pastoral KAJ Samadi | |
| 08:00 | Paroki Cijantung – Gereja Santo Aloysius Gonzaga | |
| Paroki Ciputat – Gereja Santo Nikodemus | ||
| Paroki Kampung Duri – Gereja Damai Kristus | ||
| Paroki Kapuk – Gereja Santo Philipus Rasul | Minggu ke 2 & ke 4 | |
| Paroki Meruya – Gereja Maria Kusuma Karmel | ||
| Paroki Pulomas – Gereja Santo Bonaventura | ||
| Paroki Theresia – Gereja Santa Theresia | ||
| Paroki Tebet – Gereja Santo Fransiskus Asisi | ||
| Stasi Kranggan – Gereja Santo Stanislaus Kostka | ||
| 08:30 | Paroki Alam Sutera – Gereja Santo Laurensius | |
| Paroki Bojong Indah – Gereja Santo Thomas Rasul | ||
| Paroki Ciledug – Gereja Santa Bernadet | ||
| Paroki Duren Sawit – Gereja Santa Anna | ||
| Paroki Jatiwaringin – Gereja Santo Leo Agung | ||
| Paroki Kampung Sawah – Gereja Santo Servatius | ||
| Paroki Kedoya – Gereja Santo Andreas | ||
| Paroki Kosambi Baru – Gereja Santo Matias Rasul | ||
| Paroki Kranji – Gereja Santo Mikael | ||
| Paroki Serpong – Gereja Santa Monika | ||
| Paroki Taman Galaxy – Gereja Santo Bartolomeus | ||
| 09:00 | Paroki Katedral Jakarta – Gereja SP Maria Diangkat ke Surga | |
| Paroki Bekasi – Gereja Santo Arnoldus Janssen | ||
| Paroki Bekasi Utara – Gereja Santa Clara | ||
| Paroki Bintaro – Gereja Santo Matius Penginjil | ||
| Paroki Blok B – Gereja Santo Yohanes Penginjil | ||
| Paroki Blok Q – Gereja Santa Perawan Maria Ratu | ||
| Paroki Bidaracina – Gereja Santo Antonius Padua | ||
| HARI MINGGU (Lanjutan) | ||
| 09:00 | Paroki Bintaro Jaya – Gereja Santa Maria Regina | |
| Paroki Cilangkap – Gereja Anak Domba | ||
| Paroki Cilincing – Gereja Salib Suci | ||
| Paroki Curug – Gereja Santa Helena | ||
| Paroki Danau Sunter – Gereja Santo Yohanes Bosco | ||
| Paroki Halim Perdanakusuma – Gereja Santo Agustinus | ||
| Paroki Jagakarsa – Gereja Ratu Rosari | ||
| Paroki Jalan Malang – Gereja Santo Ignatius Loyola | ||
| Paroki Karawaci – Gereja Santo Agustinus | ||
| Paroki Kelapa Gading – Gereja Santo Yakobus | ||
| Paroki Kemakmuran – Gereja Bunda Hati Kudus | ||
| Paroki Lubang Buaya – Gereja Kalvari | ||
| Paroki Pamulang – Gereja Santo Barnabas | ||
| Paroki Pluit – Gereja Stella Maris | ||
| Paroki Pulo Gebang – Gereja Santo Gabriel | ||
| Paroki Rawamangun – Gereja Keluarga Kudus | ||
| Paroki Slipi – Gereja Kristus Salvator | ||
| Paroki Tomang – Gereja Maria Bunda Karmel | ||
| 10:00 | Paroki Cempaka Putih – Gereja Santo Paskalis | |
| Paroki Cikarang – Gereja Ibu Teresa | ||
| Paroki Cilandak – Gereja Santo Stefanus | ||
| Paroki Citra Raya – Gereja Santa Odilia | ||
| Paroki Grogol – Gereja Santo Kristoforus | ||
| Paroki Harapan Indah – Gereja Santo Albertus Agung | ||
| Paroki Kalideres – Gereja Santa Maria Imakulata | ||
| Paroki Mangga Besar – Gereja St. Petrus dan Paulus | ||
| Paroki Matraman – Gereja Santo Yoseph | ||
| Paroki Pademangan – Gereja Santo Alfonsus Rodriquez | ||
| Paroki Pasar Minggu – Gereja Keluarga Kudus | ||
| Paroki Sunter – Gereja Santo Lukas | ||
| Paroki Theresia – Gereja Santa Theresia | ||
| Wisma Karmel Jakarta | ||
| 10:30 | Paroki Pantai Indah Kapuk – Gereja Regina Caeli | |
| 11:00 | Paroki Katedral Jakarta – Gereja SP Maria Diangkat ke Surga | |
| 16:00 | Paroki Kramat – Gereja Hati Kudus | |
| 17:00 | Paroki Katedral Jakarta – Gereja SP Maria Diangkat ke Surga | |
| 18:00 | Paroki Tanjung Priok – Gereja Fransiskus Xaverius | |
| 19:00 | Paroki Theresia – Gereja Santa Theresia | |
| 21:00 | Paroki Kutabumi – Gereja Santo Gregorius Agung | Selama bulan Okt 2020 |
| MISA HARIAN | ||
| 06:00 | Paroki Alam Sutera – Gereja Santo Laurensius | Senin s/d Jumat |
| Paroki Bintaro Jaya – Gereja Santa Maria Regina | ||
| Paroki Cilangkap – Gereja Anak Domba | Selasa, Rabu, Kamis | |
| Paroki Jalan Malang – Gereja Santo Ignatius Loyola | ||
| Paroki Kelapa Gading – Gereja Santo Yakobus | ||
| Paroki Kosambi Baru – Gereja Santo Matias Rasul | ||
| Paroki Meruya – Gereja Maria Kusuma Karmel | ||
| Paroki Pulomas – Gereja Santo Bonaventura | ||
| Paroki Rawamangun – Gereja Keluarga Kudus | ||
| Paroki Tebet – Gereja Santo Fransiskus Asisi | ||
| Wisma Karmel Jakarta | ||
| 06:30 | Paroki Pasar Minggu – Gereja Keluarga Kudus | |
| Pusat Pastoral KAJ Samadi | ||
| 09:00 | Paroki Cilangkap – Gereja Anak Domba | Sabtu |
| 17:00 | Paroki Cilangkap – Gereja Anak Domba | Jumat |
| 18:00 | Paroki Halim Perdanakusuma – Gereja Santo Agustinus | Senin s/d Jumat |
| Paroki Katedral Jakarta – Gereja SP Maria Diangkat ke Surga | Senin s/d Jumat | |
| Paroki Kemakmuran – Gereja Bunda Hati Kudus | Senin, Rabu, Jumat | |
| Paroki Cijantung – Gereja Santo Aloysius Gonzaga | ||
| Paroki Cilincing – Gereja Salib Suci | Senin s/d Jumat | |
| Paroki Ciputat – Gereja Santo Nikodemus | Senin s/d Jumat | |
| Paroki Kalideres – Gereja Santa Maria Imakulata | Senin s/d Jumat | |
| Paroki Kampung Duri – Gereja Damai Kristus | ||
| Paroki Kramat – Gereja Hati Kudus | Senin s/d Jumat | |
| 18:30 | Paroki Bojong Indah – Gereja Santo Thomas Rasul | Senin s/d Jumat |
| Paroki Harapan Indah – Gereja Santo Albertus Agung | Selasa s/d Jumat | |
| MISA JUMAT PERTAMA | ||
| 06:00 | Paroki Kosambi Baru – Gereja Santo Matias Rasul | |
| Paroki Tebet – Gereja Santo Fransiskus Asisi | ||
| Wisma Karmel Jakarta | ||
| 06:30 | Pusat Pastoral KAJ Samadi | |
| 08:00 | Paroki Bintaro – Gereja Santo Matius Penginjil | |
| 12:00 | Paroki Katedral Jakarta – Gereja SP Maria Diangkat ke Surga | |
| Paroki Alam Sutera – Gereja Santo Laurensius | ||
| Paroki Bintaro Jaya – Gereja Santa Maria Regina | ||
| Paroki Tebet – Gereja Santo Fransiskus Asisi | ||
| 17:00 | Paroki Jatiwaringin – Gereja Santo Leo Agung | |
| 18:00 | Paroki Katedral Jakarta – Gereja SP Maria Diangkat ke Surga | |
| Paroki Bidaracina – Gereja Santo Antonius Padua | ||
| Paroki Cilandak – Gereja Santo Stefanus | ||
| Paroki Cilincing – Gereja Salib Suci | ||
| Paroki Danau Sunter – Gereja Santo Yohanes Bosco | ||
| Paroki Duren Sawit – Gereja Santa Anna | ||
| Paroki Grogol – Gereja Santo Kristoforus | ||
| Paroki Halim Perdanakusuma – Gereja Santo Agustinus | ||
| Paroki Jalan Malang – Gereja Santo Ignatius Loyola | ||
| Paroki Kalideres – Gereja Santa Maria Imakulata | ||
| Paroki Kampung Duri – Gereja Damai Kristus | ||
| Paroki Kampung Sawah – Gereja Santo Servatius | ||
| Paroki Kemakmuran – Gereja Bunda Hati Kudus | ||
| Paroki Kramat – Gereja Hati Kudus | ||
| Paroki Kranji – Gereja Santo Mikael | ||
| Paroki Matraman – Gereja Santo Yoseph | ||
| Paroki Pamulang – Gereja Santo Barnabas | ||
| Paroki Pantai Indah Kapuk – Gereja Regina Caeli | ||
| Paroki Pulo Gebang – Gereja Santo Gabriel | ||
| Paroki Pulomas – Gereja Santo Bonaventura | ||
| Paroki Rawamangun – Gereja Keluarga Kudus | ||
| Paroki Tangerang – Gereja HSPMTB | ||
| Paroki Tanjung Priok – Gereja Fransiskus Xaverius | ||
| Paroki Tebet – Gereja Santo Fransiskus Asisi | ||
| Paroki Theresia – Gereja Santa Theresia | ||
| Paroki Tomang – Gereja Maria Bunda Karmel | ||
| 18:30 | Paroki Pademangan – Gereja Santo Alfonsus Rodriquez | |
| Paroki Harapan Indah – Gereja Santo Albertus Agung | ||
| 18:40 | Paroki Sunter – Gereja Santo Lukas | Diawali Adorasi |
| 19:00 | Paroki Bojong Indah – Gereja Santo Thomas Rasul | |
| Paroki Meruya – Gereja Maria Kusuma Karmel |
Info streaming
Ruang doa-mu, “gereja” kecil di tengah pandemi.
Situasi pandemi COVID-19 membuat kita secara terbatas hingga tertahan mengikuti misa, ibadat, dan kegiatan rohani lain di (bangunan) gereja, hingga pernikahan dilakukan dengan protokol COVID-19 yang ketat, berlandaskan pemahaman bersama bahwa semua itu ditujukan untuk mengurangi penyebaran COVID-19 dalam kegiatan (fisik) beraspek publik, banyak orang.
Sudah berapa lama kita tidak (misalnya: beribadat atau berdoa) ke (bangunan) gereja(?). Sesekali mungkin bisa saja kita beribadat ke gereja ketika pandemi ini, namun intensitasnya relatif kurang dibanding sebelum pandemi atau terbatas karena pandemi, hingga kita merasa “kangen”, atau merasa “butuh” ke (bangunan) gereja dengan alasan kerohanian masing-masing, lalu bertanya-tanya sampai kapan situasi ini berlangsung.
Misa dan ibadat-ibadat beraspek publik (diantaranya rosario, jalan salib, dll.) yang diadakan secara daring (online) apakah dapat menghilangkan rasa “kangen” kita atau menjawab ke”butuh”an kita akan pengalaman iman kita secara fisik (berkegiatan) menggereja(?), dalam konteks ini ke (bangunan) gereja atau kegiatan rohani di bangunan, kompleks, atau lingkungan gereja.
Sebagian dari kita mungkin merasa bahwa ibadat atau kegiatan rohani secara online kurang memenuhi rasa “kangen” atau ke”butuh”an kita akan “gereja”. Meski memang, “gereja” merupakan persekutuan orang yang beriman akan Kristus (“Allah telah berkenan menghimpun orang-orang yang beriman akan Kristus menjadi umat Allah”, 1Ptr. 2:5-10), tapi pengalaman fisik umat dalam meng”gereja” sulit terpenuhi secara online, bahkan tidak tergantikan. Bangunan (fisik) “gereja” sebagai salah satu poros (fisik) bagi kegiatan (fisik) umat dalam mengekspresikan atau mengungkapkan keimanannya dan dalam mengambil bagian dalam tugas-tugas “gereja” (contoh: liturgia, misa, hingga koinonia, persekutuan kegiatan rohani di bangunan itu) jelas tidak tergantikan. Pengalaman meng”gereja” selama sebelum pandemi pasti begitu melekat di benak kita, umat yang selalu setia kepada “gereja”, sebut saja pengalaman itu, pembaptisan, komuni pertama, putra/putri altar, misa mudika hari Sabtu, pernikahan, perayaan Natal/Paskah, kegiatan-kegiatan komisi/kategorial, bahkan hingga pengalaman di luar meng”gereja”, sekadar obrolan santai dengan teman, kerabat selepas misa, jajan jajanan sekitar gereja, atau ajakan jalan setelah misa, dll.
Situasi pandemi bukan berarti ungkapan iman kita dalam meng”gereja” menjadi berkurang. (Jika kamu dengan sungguh-sungguh mendengarkan perintah yang kusampaikan kepadamu pada hari ini, sehingga kamu mengasihi TUHAN, Allahmu, dan beribadah kepada-Nya dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu, Ul. 11:13). Meski kegiatan di (bangunan) gereja saat situasi pandemi ini terbatas atau sulit, namun hal tersebut bukan berarti mengurangi ungkapan iman kita (dalam hal ini secara fisik), melainkan merupakan tantangan iman umat Allah untuk tetap mengungkapkan, menyatakan, mengaktualisasi iman yang dalam situasi pandemi ini terbatas bahkan terhambat untuk dilakukan di (bangunan) gereja, untuk tetap diupayakan nyata, aktual di diri umat, lingkup terdekat umat, salah satunya dengan ruang doa-mu. (Di dalam Dia, kamu juga turut dibangunkan menjadi tempat kediaman Allah, di dalam Roh, Ef 2:22.)
Mungkin belum 100% umat membentuk ruang doanya, baik sebelum pandemi (misal dengan alasan bisa ke gereja), atau pada saat pandemi ini. Namun dukungan ruang doa dapat menjadi salah satu faktor penting dalam memelihara aktualisasi iman umat, keluarga, atau komunitas secara pribadi di tengah pandemi ini. Merujuk pada teladan Santo Alfonsus Maria de Liguori “jika kamu berdoa, kamu dapat menyelamatkan jiwamu; jika kamu tidak berdoa, kamu dapat kehilangan jiwamu”, menekankan pentingnya doa, terutama dalam keluarga karena pada zamannya banyak keluarga menghadapi tantangan berat. Dalam hal ini, situasi pandemi, merupakan salah satu tantangan zaman (kita) terhadap aktualisasi iman Kristiani.
Mewujudkan dan mengaktifkan ruang doa kita, keluarga kita, atau komunitas kita, merupakan salah satu alternatif agar kegiatan meng”gereja” kita tetap nyata di tengah pandemi ini meskipun secara terbatas. Sedemikian rupa ruang doa itu merupakan ungkapan masing-masing umat. Aspek fisik cenderung mempengaruhi bentukan (fisik) ruang doa, mengingat manusia memiliki kecenderungan berkaitan dengan bentukan fisik, namun aspek psikis paling utama untuk diperhatikan.
Misal ruang doa, suatu ruang semi-terbuka (semi-outdoor) yang tenang di rumah kita atau salah satu kerabat komunitas kita, bertaman/tanaman asri dengan gemericik air terjun mini, dan penempatan patung Bunda Maria dan/atau (salib) Yesus, lilin, bahkan hingga bunga dan hal-hal penunjang lain yang mana kesemuanya mampu menunjang kita untuk bertekun dalam doa dan mengaktualisasi “gereja” di tengah kita di tengah pandemi ini. Atau, jika tidak ada ruang memadai pun dapat diupayakan set benda-benda rohani dan fasilitas penunjang doa pada suatu meja/dudukan/sudut di tempat tinggal kita, selain menunjang kita untuk bertekun dalam doa, juga mewujudkan “gereja” kecil setiap saat kita kangen “gereja” di tengah pandemi ini, hingga mendukung misa online, rosario online, atau pertemuan pendalaman iman bersama secara online, bahkan mungkin pertemuan online komunitas/kategorial gereja yang diikuti dengan menggunakan fasilitas/dukungan ruang doa-mu, “gereja” kecil di tengah pandemi. (Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu?, 1Kor. 3:16).
Andrey Mario Wahyu, umat Katolik di Jakarta.
Masker, Pelanggaran Kehendak Bebas?
Oleh: Darian Mulyana
Beberapa bulan terakhir, seluruh dunia dilanda pandemi covid-19. Pandemi ini memaksa kita untuk menaati berbagai protokol kesehatan. Salah satu protokolnya adalah menggunakan masker. Walaupun terbukti secara ilmiah menghambat laju penyebaran covid-19, protokol ini ditolak oleh sebagian orang karena menganggapnya sebagai pelanggaran atas kehendak bebasyang diberi Tuhan. Kehendak bebas merupakan salah satu hal yang membedakan manusia dengan makhluk ciptaan Tuhan yang lain. Lantas, apakah benar bahwa menggunakan masker berarti menolak pemberian Tuhan?
“Manusia itu berakal budi dan karena ia citra Allah, diciptakan dalam kebebasan, ia tuan atas tingkah lakunya” (St. Ireneus, Against Heresies/Adv. Haeres. 4,4,3).
Pertama, kita harus ingat bahwa selain kehendak bebas, Tuhan juga memberikan manusia akal budi untuk berpikir dan hati nurani untuk menentukan benar dan salah. Ketiga hal tersebut harus digunakan secara bersama.
Sebagai seorang mahasiswa kedokteran, saya sungguh mengerti pentingnya kepaduan ketiga hal tersebut. Seorang dokter yang hanya memiliki hati nurani dan kehendak bebas tidak akan bisa mengobati pasiennnya 100% karena ia kurang dalam segi akal budi atau pengetahuannya. Seorang dokter yang hanya memiliki akal budi dan kehendak bebas akan memeras pasiennya dari segi biaya dan melakukan perbuatan-perbuatan keji. Begitu juga seorang dokter yang hanya memiliki akal budi dan hati nurani tanpa kehendak bebas. Dokter tersebut tidak bisa melakukan apapun pada pasien karena ia dibatasi pergerakannya.
Melalui akal budi, kita tahu bahwa menggunakan masker menekan laju penyebaran covid-19. Virus covid-19 menyebar melalui droplet-droplet di udara. Masker membantu kita tidak terkena droplet-droplet tersebut. Melalui hati nurani, kita tahu bahwa menggunakan masker adalah hal yang benar untuk dilakukan. Dengan tidak terinfeksi covid-19, kita memberi ruang bagi para tenaga medis untuk menyelamatkan yang membutuhkan.
Kehendak bebas yang diberi oleh Tuhan merupakan kebebasan yang bertanggung jawab pada diri sendiri, sesama, lingkungan, dan Tuhan sendiri. Oleh sebab itu, marilah kita membiasakan untuk menggunakan masker sebagai cerminan dari citra Allah.
Penulis merupakan mahasiswa semester satu Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.
Belajar dari Sosok Gembala Yang Berjasa dalam Perjalanan Gereja Katolik di Indonesia
Gembala yang baik adalah kiasan untuk seorang pemimpin yang mampu menjadi panutan bagi domba-dombanya. Karl Edmund Prier atau yang kerap disapa sebagai Romo Prier — seorang pastor Katolik asal Jerman yang berkarya di Indonesia melalui musik-musiknya.
Beliau lahir di Weinhem, Jerman, 18 September 1937 dari pasangan Georg Prier dengan Else Prier. Tumbuh dewasa bersama dua adiknya, Werner Prier dan Rudolf Prier. Sampai suatu ketika di tengah kondisi Perang Dunia II (1939-1945), datanglah keluarga yang tak dikenal ke rumah Prier dan menemui ibunya untuk menitipkan sebuah piano di rumahnya sampai perang berakhir.
Namun, sangat disayangkan, piano tersebut tidak bisa diambil kembali dalam waktu dekat karena situasi yang bertambah parah. Dari situ, munculah inisiatif Else Prier supaya anak-anaknya mempelajari piano. Hal tersebut juga didukung karena kecintaan Else Prier terhadap keindahan alunan musik.
Else Prier meminta tolong kepada Ema Müller, adik dari penitip piano yang juga seorang guru piano untuk mengajari Edmund Prier dan adiknya. Edmund Prier sangat menikmati masa-masa pembelajaran itu, melalui berbagai musik Sonata dan Beethoven. Pada saat itu, Edmund Prier berumur 8 tahun dan selang 3 tahun setelahnya, setelah perang berakhir, sang pemilik piano tersebut kembali ke rumah Prier untuk mengambil kembali piano miliknya.
Perjalanan Edmund Prier mempelajari piano tidak berhenti sampai di sana. Ibunya berinisiatif menyewa piano di Heidelberg dan guru piano yang masih sama, Ema Müller sembari Prier tetap bersekolah formal di Gymnasium Albertus Magnus Schule Viernheim. Sampai pada saat berusia 15 tahun, Edmund Prier semakin tertarik dengan dunia musikal dan memutuskan untuk belajar organ pipa dan berbagai teori music di sebuah gereja Katolik terbesar di dekat rumahnya. Selang 5 tahun setelahnya, Edmund Prier memutuskan untuk menjadi seorang imam Katolik.
Selama bersekolah di Gymnasium, Prier senang membaca berbagai buku rohani. Salah satu buku yang berdampak terhadap perubahan hidupnya adalah buku yang menceritakan perjalanan seorang misionari menuju Alaska. Di sana, sang misionari memberitakan Injil kepada orangorang Eskimo.Hal itulah yang menjadi alasan bagi Prier memutuskan bahwa dirinya ingin menjadi seperti seorang misionari seperti misionari tersebut. Setelah lulus dari Gymnasium, Prier melanjutkan studi di Novisiat Serikat Jesus (SJ) yang memberikan jaminan untuk bisa menjadi misionari di luar negeri seperti impiannya.
Selepas dua tahun menempuh pendidikan di Novisiat, Karl Edmund Prier melanjutkan studi
filsafat di Hochschule für Philosophie. Di tempat itu terdapat organ pipa yang bisa menjadi
pelepas rindu nya bermain organ pipa yang tidak bisa Prier lakukan semasa menempuh studi di Novisiat.
PANGGILAN PERTAMA YANG DITERIMANYA
Pada tahun 1960, saat Prier masih menempuh studi filsafatnya, Prier mendapatkan tawaran dari sesseorang bernama Pater Karl Frank, SJ untuk menjadi misionari di Indonesia. Sebelum menerima tawaran tersebut, Edmund Prier benar-benar dilanda kebimbangan. Walau pada akhirnya, Prier menyanggupinya setalah menyelesaikan studi filsafatnya pada tahun 1962.
Sembari menunggu persetujuan visa, Prier mangajar musik di sebuah Gymnasium, yaitu
Gymnasium Stella Matutina, bertepatan di Austria yang ditugaskan oleh Provinsial SJ.
Pada awal tahun 1964, Prier mendapat kabar bahwa visa nya telah disetujui setelah menerima penolakan yang pertama. Lantas, Prier segera berangkat menuju Indonesia dan tinggal di sebuah tempat pastoran Wonosari, Gunung Kidul sebelum resmi menjadi seorang imam. Kurang lebih setelah setengah tahun, Prier berangkat menuju Yogyakarta, yang sering disebut sebagai “Kota Istimewa” dengan maksud melanjutkan studi pendidikan teologi di Sekolah Tinggi Filsafat Teologi Kentungan sebagai syarat jenjang bila ingin menjadi seorang imam.
Namun, di luar dugaan, kondisi sosial politik Indonesia sedang tidak mendukung membuat
rencana studi Prier harus tertuda. Selama masa penantian itu, Prier manjadi guru drumband di SMA Kolose De Britto dan belajar bersama dengan tokoh-tokoh pemusik hebat di Yogyakarta, seperti Bapak Siswanto, Bapak Sukodi, dan Bapak Hardosubroto yang membuat wawasan dan pengalaman Prier mengenai permusikan semakin bertambah.
Pada tahun 1967, kondisi sosial politik di Indonesia sudah dinyatakan kembali kondusif dan
aman. Tidak seperti pada rencana awal, Prier bersama dengan frater seangkatannya melanjutkan studi Teologi baru dari Konsili Vatikan II. Di sana, Prier dan teman-temannya diajarkan mengenai inkulturasi musik liturgi oleh Romo yang akhirnya menjadi tonggak penting dalam kehidupan pelayanan Prier di kemudian hari.
TONGGAK PERTAMA MUSIK LITURGI
Romo Prier ditahbiskan menjadi imam oleh Kardinal Darmojuwono pada tanggal 1969 di Gereja Kotabaru Yogyakarta. Segera setelah itu, beliau mengusulkan pembentukan pusat musik liturgi untuk menindaklanjuti cita-cita Konsili Vatikan II kepada provinsial Serikat Jesus. Oleh karena idenya itu, berdirilah Pusat Musik Liturgi Yogyakarta pada tanggal 11 Juli 1971 dan menjadi asal-usul namanya tercantum dalam berbagai buku lagu gereja, seperti “Hendaklah Langit Bersuka Cita” yang sampai saat ini sering kita dengar.
Setelah berkarya begitu lama sebagai seorang romo Kategorial, tanggal 11 Februari 2018, Romo Prier menjadi korban pembacokan oleh seorang pria tak dikenal pada saat sedang memimpin misa pagi hingga harus menjalani serangkaian operasi. Puji Tuhan, meski mendapat luka yang cukup parah, Romo Prier dapat terselamatkan dan tetap mau memaafkan sang pelaku.
IMPLEMENTASI PEMIKIRAN DAN TELADAN KARL EDMUND PRIER TERHADAP
PERMASALAHAN DALAM MASA PANDEMI COVID-19
1. Memanfaatkan berbagai kesempatan yang ada
Kisah Karl Edmund Prier secara tidak langsung mengajarkan kepada kita untuk mau
memanfaatkan berbagai kesempatan yang ada, mulai dari mengembangkan diri sendiri sampai dapat menghasilkan karya dan mampu memberi manfaat bagi orang lain. Siapa sangka jika dulu beliau menyerah saat kesusahan mempelajari piano, mungkin sampai hari ini, kita tidak akan pernah mengenal musik liturgi dalam dunia Gereja Katolik. Hal ini bisa kita terapkan dalam kehidupan New Normal yang sedang kita jalani. New Normal tidak kita jadikan sebagai alasan bahwa kita tidak bisa berkarya, melainkan melalui masa inilah kita bisa menggali dan menumbuhkan berbagai ide dan inovasi baru yang dapat membawa berbagai perubahan dan pengaruh positif bagi lingkungan sekitar kita.
2. Selalu bersyukur dan mengandalkan Tuhan dalam tiap situasi
“Selalu bersyukur dan mengandalkan Tuhan dalam setiap langkah perjalanan kehidupan
kita.” Sikap inilah yang mendorong Karl Edmund Prier dalam masa-masa sulitnya berproses
menjadi seorang Romo. Tarik-ulur yang terjadi saat pengajuan visa, penolakan yang dihadapinya hingga saat hari pentahbisannya. Namun, di saat seperti itu, bukan menyerah yang ia pilih, namun berserah dan tetap mau menjadi tangan kanan Tuhan dalam berkarya di dunia melalui alunan dan pengajaran musiknya. Demikian pula dengan kita, di tengah pandemi seperti ini, marilah kita menyerahkan semua keresahan dan meletakkan segala ketakutan kita dibawa kaki Tuhan yang berkuasa atas segalanya. Jangan lupa untuk selalu bersyukur atas napas kehidupan yang masih boleh kita hirup sampai saat ini di tengah masa kritis “hidup dan mati” . Perlu diingat bahwa banyak di luar sana yang kini terbaring lemah dengan infus di tangan sebelah kirinya menginginkan anugerah yang dilimpahkan ke kita, yaitu kesehatan dan dapat berkumpul dengan keluarga.
3. Menyadari bahwa kita sama-sama dipanggil untuk mau mengembangkan talenta yang
diberikan kepada kita Sepeti yang tertulis dalam injil Matius 25:14, “Sebab hal Kerajaan Sorga sama seperti seorang yang mau bepergian ke luar negeri, yang memanggil hamba-hambanya dan mempercayakan hartanya kepada mereka.” Demikian kita juga dipanggil untuk mau mengembangkan talenta sebagai “harta” yang dipercayakan Tuhan kepada kita untuk dikembangkan. Seperti Karl Edmund Prier yang mengembangkan talenta bermusiknya untuk memuji dan memuliakan Tuhan.
4. Hidup dengan penuh cinta kasih
Sadar atau tidak, lewat pandemi ini, Tuhan seperti ingin mengingatkan kepada kita bahwa kita terlalu sibuk dengan keduniawian. Sibuk bekerja hingga lupa terhadap anak, sibuk belajar hingga lupa membantu orang tua. Pandemi COVID-19 yang terjadi memicu adanya lockdown dimanamana sehingga mengharuskan kita berada di rumah. Inilah menjadi tiitk balik untuk kembali mendekatkan yang jauh. Bahkan, yang tadinya merantau, kembali ke rumah kediamannya untuk bertemu sanak keluarganya. Bumbu cinta kasih pun dapat kita tanamkan pada kesempatan berharga ini. Seperti Karl Edmund Prier, meskipun sudah mendapatkan bekas luka pembacokan, beliau masih mau memaafkan sang pelaku
Kuatkan Iman, Kuatkan Imun
Kuatkan Iman, Kuatkan Imun
Di masa Pandemi yang sekarang sedang terjadi, banyak sekali tantangan yang kita hadapi. Mulai dari segi ekonomi, politik sosial, dan Kesehatan. Penghimbauan dari pemerintah untuk melakukan PSBB atau Pembatasan Sosial Berskala Besar mewajibkan kita untuk mematuhi protokol Kesehatan serta membatasi seluruh kegiatan mulai dari akademik di sekolah, kantor-kantor tempat orang bekerja, mall dan fasilitas umum lainnya hingga keagamaan di tempat ibadah.
Sekarang, hampir semua kegiatan kerohanian dilaksanakan secara online atau daring. Pemanfaatan teknologi ini tentunya bersifat positif karena dapat mempertemukan dan mempersatukan kita meski secara virtual atau online dalam dunia maya.
Lalu bagaimana esensi atau intisari dari misa yang seharusnya secara langsung bertatap muka hingga menjadi misa virtual dengan hosti yang imajiner? Saya mendengarkan podcast dari Pusat Pastoral KAJ yang dibawakan oleh Romo Almo, Romo Bekti, Romo Vano, dan Romo Graha di channel Youtube mereka. Banyak sekali hal yang dapat saya pelajari.
Kita tentunya harus memahami betul mengenai esensi keberadaaan misa online sebagai pengganti sementara misa tatap muka. Ada yang mengatakan misa online tidak sah karena kita tidak berada di gereja dan tuhan tidak hadir namun Romo Bekti mengutip sebuah injil, “ Sebab di mana dua atau tiga orang berkumpul dalam Nama-Ku, di situ Aku ada di tengah-tengah mereka.” – Matius 18:20.
Misa online diadakan agar kebutuhan kerohanian kita terpenuhi meskipun di masa pandemi sekarang ini. Biarpun tidak ada Tubuh Kristus, Tuhan masih beserta kita dalam merayakan misa secara online.
Muncul lagi pertanyaan, bagaimana dengan Tubuh Kristus ? Memang misa online tidak bisa memenuhi kebutuhan itu, mengingat misa online hanyalah pengganti temporer untuk misa tatap muka.
Sekarang sudah ada beberapa bagian daerah yang angka positif covidnya merendah. Beberapa gereja sudah membuka misa tatap muka dengan mempertimbangkan protokol Kesehatan, jumlah umat yang akan datang hingga kondisi demografi umatnya. Umat yang umurnya sudah tua atau mengidap sebuah penyakit yang berpotensi menjadi comorbid apabila terinfeksi dihimbau untuk tidak mengikuti misa tatap muka.
Bagaimana dengan daerah yang masih rawan akan covid?
Setelah 5 bulan lamanya merasakan misa online, kita tentu merindukan Tubuh Kristus atau hosti yang ada pada misa tatap muka. Kerinduan atas Tubuh Kristus ini didasarkan pada keinginan kita agar terasa keberadaan Yesus dalam diri kita.
Namun, kita tidak boleh memandang buruk kerinduan itu. Justru, sebaliknya kita gunakan kerinduan itu untuk menyemangatkan diri kita dan iman yang kita miliki untuk berdoa menghadirkan diri-Nya. Iman yang kita miliki merupakan anugrah dan karunia yang luar biasa dan sekaligus sebagai panduan hidup kita.
Penumbuhan iman yang kuat akan mengakibatkan kita melihat dunia dan keadaan di sisi yang baru. Pandemi ini merupakan cobaan dan badai pasti berlalu. Pemikiran seperti ini akan menumuhkan sikap optimistik yang membantu kita menghadapi situasi seperti sekarang ini.
Rasa optimisme yang tumbuh dari iman kepercayaan kita dapat menjaga kita dari virus corona ini. Optimisme dapat membantu kita meningkatkan sistem immunitas yang ada dalam tubuh kita, Seperti yang dilansir lewat kompasiana.com :
Hal ini diperkuat dengan temuan sejumlah riset yang menyimpulkan bahwa sikap optimis dapat meningkatkan imunitas secara drastis. Selain itu, jurnal ilmiah internasional yang ditulis Elsevier yang berjudul Personality and Individual Differences juga menyatakan bahwa sikap optimis berpengaruh terhadap peningkatan kualitas imunitas seluler dan mampu menekan stress tubuh.
Maka dari itu, kita perlu menekankan iman kita, percaya pada-Nya bahwa kita akan selalu dilindungi dan dijaga kesehatannya. Jauhkan diri kita dari segala pikiran negatif dan selalu berpikir positif agar sistem imun kita tidak menurun.
Penulis adalah Mahasiswa semester 1 Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga 2020
Jadwal DOA ROSARIO MISIONER bersama Para Uskup Secara Relay Bergantian antar Keuskupan se-Indonesia

SETIAP HARI pukul 18.00 WIB
Mulai tanggal 1 hingga 31 OKTOBER 2020
Dipimpin oleh para bapa uskup secara bergiliran
Ditayangkan pada media sosial KOMISI KARYA MISIONER KWI, KARYA KEPAUSAN INDONESIA, KOMISI KOMSOS KWI, HIDUPTV, Youtube Channel
Setiap KEUSKUPAN & PAROKI
“Ini aku, utuslah aku” (Yes 6:8) adalah tema Minggu Misi Sedunia ke-94 yang berlangsung pada 18 Oktober 2020. Pada bulan yang sama, kita juga merayakan Hari Pangan Sedunia dan Bulan Rosario.
Untuk semua itulah Komisi Karya Misioner KWI dan Karya Kepausan Indonesia menyelenggarakan DOA ROSARIO MISIONER yang setiap harinya dipimpin oleh SATU USKUP bergantian dari seluruh Keuskupan di Indonesia.
Doa ROSARIO MISIONER ini bertujuan untuk:
1) memelihara semangat misioner umat di masa pandemi dan
2) menggiatkan doa Rosario Misioner di bulan Rosario.
- Kamis, 01-10-2020 PEMBUKAAN: Keuskupan Bandung, Mgr. Antonius Subianto Bunjamin, OSC
- Jumat, 02-10-2020 Keuskupan Weetebula, Mgr. Edmund Woga, CSsR
- Sabtu, 03-10-2020 Keuskupan Ketapang, Mgr. Pius Riana Prapdi
- Minggu, 04-10-2020 Keuskupan Agats – Asmat Mgr. Aloysius Murwito, OFM
- Senin, 05-10-2020 Keuskupan Tanjung Karang, Mgr. Harun Yuwono
- Selasa, 06-10-2020 Keuskupan Surabaya, Mgr. Vincensius Sutikno Wisaksono
- Rabu, 07-10-2020 Keuskupan Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat
- Kamis, 08-10-2020 Keuskupan Tanjung Selor, Mgr. DR. Paulinus Yan Olla, MSF
- Jumat, 09-10-2020 Keuskupan Amboina, Mgr. Petrus Canisius Mandagi, MSC
- Sabtu, 10-10-2020 Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko
- Minggu, 11-10-2020 Keuskupan Larantuka, Mgr. Fransiskus Kopong Kung
- Senin, 12-10-2020 Keuskupan Sintang, Mgr. Samuel Oton Sidin OFM Cap.
- Selasa, 13-10-2020 Keuskupan Timika, RD. Marthen Ekowaibi Kuayo (Administrator Diosesan)
- Rabu, 14-10-2020 Keuskupan Agung Medan, Mgr. Kornelius Sipayung, OFM Cap.
- Kamis, 15-10-2020 Keuskupan Malang, Mgr. Henricus Pidyarto Gunawan, O.Carm.
- Jumat, 16-10-2020 Keuskupan Denpasar, Mgr. Silvester San
- Sabtu, 17-10-2020 Keuskupan Sibolga, Mgr. Anicetus B. Sinaga, OFMCap (Administrator Apostolik)
- Minggu, 18-10-2020 HARI MINGGU MISI KE-94: Keuskupan Palangkaraya, Mgr. Aloysius M. Sutrisnaatmaka MSF
- Senin, 19-10-2020 Keuskupan Agung Makassar, Mgr. John Liku Ada
- Selasa, 20-10-2020 Keuskupan Pangkalpinang, Mgr. Adrianus Sunarko, OFM
- Rabu, 21-10-2020 Keuskupan Agung Pontianak, Mgr. Agustinus Agus
- Kamis, 22-10-2020 Keuskupan Atambua, Mgr. Dominikus Saku
- Jumat, 23-10-2020 Keuskupan Jayapura, Mgr. Leo Laba Ladjar, OFM
- Sabtu, 24-10-2020 Keuskupan Bogor, Mgr. Pascalis Bruno Syukur, OFM
- Minggu, 25-10-2020 Keuskupan Samarinda, Mgr. Yustinus Hardjosusanto, MSF
- Senin, 26-10-2020 Keuskupan Agung Kupang, Mgr. Petrus Turang
- Selasa, 27-10-2020 Keuskupan Manado, Mgr. Rolly Untu, MSC
- Rabu, 28-10-2020 Keuskupan Banjarmasin, Mgr. Bodeng Timang
- Kamis, 29-10-2020 Keuskupan Agung Palembang, Mgr. Aloysius Sudarso, SCJ
- Jumat, 30-10-2020 Keuskupan Maumere, Mgr. Edwaldus Martinus Sedu
- Sabtu, 31-10-2020 PENUTUP: Keuskupan Agung Jakarta, +Ignatius Kardinal Suharyo













