Komisi Kerasulan Awam (KOM-KERAWAM)

Komisi Kerawam adalah perangkat keuskupan yang membantu karya penggembalaan Uskup dalam perutusan umat awam sebagai saksi-saksi Yesus Kristus agar berpartisipasi aktif dalam membangun kehidupan sosial yang lebih baik di tengah masyarakat.

Ketua    : Paulus Krissantono

Program

  1. Kunjungan/Pertemuan Komisi Kerawam KAJ dengan Paroki per dekenat (2×1 bulan) sebagai media konsolidasi dan koordinasi pengurus Komisi dan Kerawam, mendiskusikan situasi local/nasional/internasional yang actual, memantau perkembangan kinerja Komisi/seksi Kerawam.
  2. Konsultasi Kerawam: sosialisasi Pernas Kerawam V, sebagai media komunikasi dan koordinasi dengan seksi kerawam Paroki, mendorong pembentukan Seksi Kerawam pada paroki yang belum memiliki seksi Kerawam.
  3. Pelatihan dan Ketrampilan Sosial dan kepemimpinan Kerawam: untuk meningkatkan kapasitas pekerja/aktivis kerawam.
  4. Diskusi (tema terkait dengan persoalan kemasyarakatan yang tengah actual): untuk update dan pendalaman pemahaman informasi dan tidnakan kemasyarakatan yang perlu diambil oleh para pekerja/aktivis kerawam dan umat Katolik pada umumnya. Direncanakan menjadi program kerja sama dengan paroki-paroki maupun kelompok kategorial seperti FMKI, PMKRI, Pemuda Katolik, SDKI, WKRI, ISKA, dll.
  5. Orientasi Seksi Kerawam Paroki: pemberdayaan dilakukan dengan pendekatan komprehensif
  6. Workshop Pendalaman Ajaran Sosial Gereja: untuk meningkatkan pemahaman dan praktek Ajaran Sosial Gereja bagi para pekerja/aktivis kerawam dan umat Katolik pada umumnya.
  7. Seminar (tema terkait dengan arah pastoral KAJ): untuk update pendalaman informasi dan tindakan kemasyarakatan yang perlu diambil oleh para pekerja/aktivis kerawam dan umat Katolikpada umumnya terkati dengan arah pastoral KAJ. Direncanakan menjadi program kerjasama dengan paroki-paroki maupun dengan kelompok kategorial seperti FMKI, PMKRI, Pemuda Katolik, SDKI, WKRI, ISKA, dll.
  8. Retret Kerawam (penguatan spiritual Komisi Kerawam dan Seksi Kerawam
  9. Evaluasi dan Monitoring Kinerja Komisi Kerawam
  10. Followup menemani paroki-paroki yang memiliki permasalahan dalam pembangunan gereja
  11. Kerjasama dengan komisi HAK KAJ: menermani paroki-paroki yang memiliki masalah pembangunan tempat ibadah dan kerukunan antar umat beragama.

 

Alamat:

Gedung Karya Pastoral (GKP)

Jl. Katedral 7, Jakarta 10710

Telp. 021-3519193 ext. 239