Home Blog Page 3

RENUNGAN MINGGU BIASA XXVII, 5 Oktober 2025

Bacaan Pertama, Hab 1:2-3, 2:2-4
Tuhan berapa lama lagi aku berteriak, tetapi tidak Kaudengar, aku berseru kepada-Mu: Penindasan!” tetapi tidak Kautolong? Mengapa Engkau memperlihatkan kepadaku kejahatan, sehingga aku memandang kelaliman? Ya, aniaya dan kekerasan ada di depan mataku; perbantahan dan pertikaian terjadi.”
Lalu Tuhan menjawab aku, demikian: ”Catatlah penglihatan ini, guratlah pada loh batu agar mudah terbaca. Sebab penglihatan itu masih menanti saatnya, tetapi segera akan terpenuhi dan tidak berdusta. Bila pemenuhannya tertunda, nantikanlah itu, akhirnya pasti akan datang, dan tidak batal!. Sungguh, orang yang sombong tidak lurus hatinya, tetapi orang yang benar itu akan hidup berkat imannya.
Bacaan Kedua, 2Tim 1:6-8.13-14
Saudaraku terkasih, aku memperingatkan engkau untuk mengobarkan karunia Allah yang ada padamu oleh penumpangan tanganku atasmu. Sebab Allah memberikan kepada kita bukan roh ketakutan, melainkan roh yang membangkitkan kekuatan, kasih dan ketertiban. Jadi janganlah malu bersaksi tentang Tuhan kita dan janganlah malu karena aku, seorang hukuman karena Dia, melainkan ikutlah menderita bagi Injil-Nya oleh kekuatan Allah.
Peganglah segala sesuatu yang telah engkau dengar dari padaku sebagai contoh ajaran yang sehat dan lakukanlah itu dalam iman dan kasih dalam Kristus Yesus. Berkat Roh Kudus yang diam dalam kita, peliharalah harta yang indah, yang telah dipercayakan-Nya kepada kita.
Bacaan Injil, Luk 17:5-10
Sekali peristiwa setelah Yesus menyampaikan beberapa nasihat, para rasul itu berkata kepada-Nya: ”Tambahkanlah iman kami!” Jawab Tuhan: ”Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan menuruti perintahmu.”
Siapa di antara kamu yang mempunyai seorang hamba yang membajak atau menggembalakan ternak baginya, akan berkata kepada hamba itu, setelah ia pulang dari ladang: Mari segera makan! Bukankah sebaliknya ia akan berkata kepada hamba itu: Sediakanlah makananku. Ikatlah pinggangmu dan layanilah aku sampai selesai aku makan dan minum. Dan sesudah itu engkau boleh makan dan minum. Adakah ia berterima kasih kepada hamba itu, karena hamba itu telah melakukan apa yang ditugaskan kepadanya?
Demikian jugalah kamu. Apabila kamu telah melakukan segala sesuatu yang ditugaskan kepadamu, hendaklah kamu berkata: Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan.
RENUNGAN PADAT
Iman
Menulis adalah jawaban atas seruan Nabi Habakuk dalam bacaan pertama ketika melihat penindasan, kejahatan, kelaliman, aniaya dan kekerasan serta perbantahan dan pertikaian. Bukankah situasi seperti ini masih terjadi di zaman ini? Lalu apa yang mesti kita lakukan sebagai umat beriman?

Belajar dari bacaan pertama sebenarnya suatu peristiwa terjadi untuk mengetuk hati kita. Ketika saya dulu di Tahun Orientasi Rohani (TOR) ada saatnya menonton TV dan ketika ada berita bencana atau kejahatan entah bagaimana saya bercaka-kaca. Lalu oleh romo pembimbing disarankan untuk menulisnya dalam refleksi kemudian membawanya dalam doa dan dengan cara itulah Tuhan menyapa saya. Dari pengalaman menuju kepada iman.
Hari ini para rasul memohon iman yang lebih tetapi jawaban Tuhan Yesus rasa-rasanya membuat kita bertanya apakah para rasul sudah mempunyai iman atau belum sebab Yesus bersabda, “Kalau sekiranya kamu mempunyai iman sebesar biji sesawi saja, kamu dapat berkata kepada pohon ara ini: Terbantunlah engkau dan tertanamlah di dalam laut, dan ia akan taat kepadamu.” Menurut sabda ini iman bukan soal kuantitas tetapi kualitas.

Tekanan dari sabda ini adalah “mempunyai iman” dan kekuatan iman itu sangat luar biasa bahkan jika hanya “sebesar biji sesawi”. Iman adalah jawaban “ya” manusia yang merdeka atas wahyu Ilahi. Berikut kutipan lengkapnya dari dokumen Konsili Vatikan II Dei Verbum artikel 5. “Kepada Allah yang menyampaikan wahyu manusia wajib menyatakan “ketaatan iman” (Rom16:26 ; lih. Rom1:5 ; 2Kor10:5-6). Demikianlah manusia dengan bebas menyerahkan diri seutuhnya kepada Allah, dengan mempersembahkan “kepatuhan akalbudi serta kehendak yang sepenuhnya kepada Allah yang mewahyukan”, dan dengan secara sukarela menerima sebagai kebenaran wahyu yang dikurniakan oleh-Nya. Supaya orang dapat beriman seperti itu, diperlukan rahmat Allah yang mendahului serta menolong, pun juga bantuan batin Roh Kudus, yang menggerakkan hati dan membalikkannya kepada Allah, membuka mata budi, dan menimbulkan “pada semua orang rasa manis dalam menyetujui dan mempercayai kebenaran”. (DV art. 5)

Lalu Tuhan Yesus menyampaikan kisah tuan dan hamba yang ditutup dengan kata-kata berikut “Kami adalah hamba-hamba yang tidak berguna; kami hanya melakukan apa yang kami harus lakukan.” (Luk 17:10). Beriman dengan demikian melakukan apa yang menjadi kehendak Allah sebab telah “dengan bebas menyerahkan diri seutuhnya kepada Allah” tanpa beban bahkan tanpa keinginan untuk mendapat balasan. Inilah semangat yang ditanamkan kepada para rasul sebagai pelayan untuk mendengarkan, memelihara dan melakukan firman Tuhan.
Tugas ini tentu sangat berharga tetapi karena sudah menjadi tugas mereka, maka hendaknya mereka tidak membanggakan dirinya sebagai hamba yang sangat berjasa dan berhak di hadapan Tuhan.
Maka marilah merawat dan menumbuhkan serta membuahkan iman itu dalam tindakan yang nyata di dalam setiap tugas dan tanggung jawab serta pelayanan kita. Seberapa kita beriman akan terlihat saat kita menghadapi situasi konkret, apakah mengandalkan kekuatan sendiri atau terus berjuang dan mengandalkan Allah?

Selamat merenungkan!

RW

Renungan Minggu Biasa XXVI, 28 September 2025

Bacaan Pertama, Am 6:1a.4-7
Beginilah Firman Tuhan, Allah semesta alam, ”Celakalah orang-orang yang merasa aman di Sion, yang merasa tenteram di gunung Samaria. Celakalah  yang berbaring di tempat tidur dari gading dan duduk berjuntai di ranjang; yang memakan anak-anak lembu dari tengah-tengah kawanan binatang yang tambun; yang bernyanyi-nyanyi mendengar bunyi gambus, dan seperti Daud menciptakan bunyi-bunyian bagi dirinya; yang minum anggur dari bokor, dan berurap dengan minyak yang paling baik, tetapi tidak berduka karena hancurnya keturunan Yusuf! Sebab itu sekarang, mereka akan pergi sebagai orang buangan di kepala barisan, dan berlalulah keriuhan pesta orang-orang yang duduk berjuntai itu.”
‭‭
Bacaan Kedua, 1Tim 6:11-16
Hai engkau hai manusia Allah, jauhilah semuanya itu, kejarlah keadilan, ibadah, kesetiaan, kasih, kesabaran dan kelembutan. Bertandinglah dalam pertandingan iman yang benar dan rebutlah hidup yang kekal. Untuk itulah engkau telah dipanggil dan telah engkau ikrarkan ikrar yang benar di depan banyak saksi.
Di hadapan Allah yang memberikan hidup kepada segala sesuatu dan di hadapan Kristus Yesus yang telah mengikrarkan ikrar yang benar itu juga di muka Pontius Pilatus, kuserukan kepadamu: Turutilah perintah ini, dengan tidak bercacat dan tidak bercela, hingga pada saat Tuhan kita Yesus Kristus menyatakan diri-Nya, yaitu saat yang akan ditentukan oleh Penguasa yang satu-satunya dan yang penuh bahagia, Raja di atas segala raja dan Tuan di atas segala tuan. Dialah satu-satunya yang tidak takluk kepada maut, bersemayam dalam terang yang tak terhampiri. Seorang pun tak pernah melihat Dia dan memang manusia tidak dapat melihat Dia. Bagi-Nyalah hormat dan kuasa yang kekal! Amin.”
‭‭
Bacaan Injil, Luk 16:19-31
Sekali peristiwa Yesus berkata kepada orang-orang Farisi, ”Ada seorang kaya yang selalu berpakaian jubah ungu dan kain halus, dan setiap hari ia bersukaria dalam kemewahan. Dan ada seorang pengemis bernama Lazarus, badannya penuh dengan borok, berbaring dekat pintu rumah orang kaya itu, dan ingin menghilangkan laparnya dengan apa yang jatuh dari meja orang kaya itu. Malahan anjing-anjing datang dan menjilat boroknya.
Kemudian matilah orang miskin itu, lalu dibawa oleh malaikat-malaikat ke pangkuan Abraham. Orang kaya itu juga mati, lalu dikubur. Dan sementara ia menderita sengsara di alam maut ia memandang ke atas, dan dari jauh dilihatnya Abraham, dan Lazarus duduk di pangkuannya. Lalu ia berseru, katanya: Bapa Abraham, kasihanilah aku. Suruhlah Lazarus, supaya ia mencelupkan ujung jarinya ke dalam air dan menyejukkan lidahku, sebab aku sangat kesakitan dalam nyala api ini.
Tetapi Abraham berkata: Anak, ingatlah, bahwa engkau telah menerima segala yang baik sewaktu hidupmu, sedangkan Lazarus segala yang buruk. Sekarang ia mendapat hiburan dan engkau sangat menderita. Selain dari pada itu di antara kami dan engkau terbentang jurang yang tak terseberangi, supaya mereka yang mau pergi dari sini kepadamu ataupun mereka yang mau datang dari situ kepada kami tidak dapat menyeberang. Kata orang itu: Kalau demikian, aku minta kepadamu, bapa, supaya engkau menyuruh dia ke rumah ayahku, sebab masih ada lima orang saudaraku, supaya ia memperingati mereka dengan sungguh-sungguh, agar mereka jangan masuk kelak ke dalam tempat penderitaan ini. Tetapi kata Abraham: Ada pada mereka kesaksian Musa dan para nabi; baiklah mereka mendengarkan kesaksian itu. Jawab orang itu: Tidak, Bapa Abraham, tetapi jika ada seorang yang datang dari antara orang mati kepada mereka, mereka akan bertobat. Kata Abraham kepadanya: Jika mereka tidak mendengarkan kesaksian Musa dan para nabi, mereka tidak juga akan mau diyakinkan, sekalipun oleh seorang yang bangkit dari antara orang mati.”

‭‭

Renungan Padat

JURANG

Kapan terakhir kali anda gelisah? Gelisah memikirkan masa depan atau masa kini. Gelisah karena belum memiliki pekerjaan sementara tagihan bulanan harus dibayar. Gelisah karena ada sesuatu yang tidak beres atau tidak benar. 
Ada seorang teman yang tadinya merasa sehat-sehat saja, menjadi gelisah ketika diberitahu bahwa detak jantung istirahatnya 100bpm (detak per menit), sementara detak normal manusia saat rehat adalah 60-80 bpm. Ia menjadi gelisah karena ternyata jantungnya berdetak keras padahal dia tidak sedang beraktivitas. Ini peringatan. Dirinya terancam serangan jantung atau stroke kapan pun jika dia tidak segera melakukan sesuatu untuk menurunkan detak jantungnya. Kalau ia mau hidup sehat lebih lama, ia harus mulai mengatur pola makan, latihan rutin kardio, dan lebih banyak bergerak dan beraktivitas.
Mungkin bagi sebagian orang situasi macam itu bisa berbuah overthinking. Overthinking disamakan stress. Padahal ketiganya adalah hal yang berbeda.
Stress muncul sebagai akibat dari tanggung jawab yang wajib kita kerjakan tapi tidak kita kerjakan. Overthinking muncul dari rasa khawatir yang berlebihan – yang belum atau bahkan tidak pernah terjadi. Sementara kegelisahan – adalah sikap hati menyadari ada sesuatu yang tidak baik sehingga tergerak terus untuk memperbaiki.
Dalam Injil, saya merasa pesannya bukan untuk menggambarkan Allah membalas perbuatan orang-orang jahat di dunia ini. Allah ingin semua orang dipangku oleh Abraham dalam kerajaan surga. Lalu mengapa orang kaya itu setelah mati berakhir di alam maut?
Bagi saya, Sabda Tuhan hari ini mengajak kita untuk memelihara rasa kegelisahan. Gelisah kalau ada sesuatu yang tidak benar, tidak baik, tidak adil – yang tidak hanya terjadi pada diri kita tapi juga di sekitar kita. Dan rasa gelisah itu menggerakkan kita untuk datang berbuat sesuatu untuk memperbaiki keadaan.
Nabi Amos menggelitik rasa gelisah ini bagi mereka yang sudah hidup nyaman. Kenyamanan itu membuat jurang tak kasat mata antara mereka dengan masyarakat kebanyakan yang sedang berjuang dalam kehancuran. Ketidakadilan terjadi karena kita sendiri yang membuat jurang – antara diri kita dengan orang-orang sekitar kita. 
Seorang kaya di dalam Bacaan Injil juga mematikan rasa gelisah itu, karena dia berada dalam pesta makanan bersama rekan-rekannya. Dia tidak gelisah akan kebutuhan lazarus, yang lapar penuh luka dan borok. Jurang sosial ini dibiarkan begitu saja oleh si orang kaya. 
Orang kaya itu baru gelisah ketika di alam baka menderita di alam maut dan Lazarus dipangku Abraham. Dia baru gelisah memikirkan nasib teman-temannya yang masih hidup, supaya jangan bernasib sama dengannya kelak di alam maut. Tapi itu kegelisahan semacam itu di tempat itu sudah tak ada faedahnya. Ada jurang yang membentang membatasi surga dan neraka.
Padahal jurang itu dapat dihilangkan di dunia , ketika mereka juga mau membangun jembatan di antara mereka yang kaya dan miskin. 
Maka, biarlah jurang tak tersebrangi itu ada di sana. Di dunia kita sekarang, jurang ketidakadilan itu bisa diseberangi, sepanjang kita sendiri yang mau bergerak datang memperbaiki apa yang tidak adil dan tidak benar.
Yesus Kristus di dunia tidak membuat jurang itu semakin lebar. Tapi sebaliknya, Ia datang untuk membuat jembatan, agar jurang itu terseberangi. Jembatannya adalah salib-Nya sendiri.
Jadi, kamu gimana?
RA

Renungan Minggu Biasa XXV, 21 September 2025

Bacaan Pertama, Am 8:4-7

Dengarkanlah ini, kamu yang menginjak-injak orang miskin, dan yang membinasakan orang sengsara di negeri ini dan berpikir: ”Bilakah bulan baru berlalu, supaya kita boleh menjual gandum dan bilakah hari Sabat berlalu, supaya kita boleh menawarkan terigu dengan mengecilkan efa, membesarkan syikal, berbuat curang dengan neraca palsu, supaya kita membeli orang lemah karena uang dan orang yang miskin karena sepasang kasut; dan menjual terigu rosokan?”

Beginilah Tuhan telah bersumpah demi kebanggaan Yakub: ”Aku tidak akan melupakan untuk seterusnya segala perbuatan mereka!”

Bacaan Kedua, 1Tim 2:1-8

Saudaraku yang terkasih, pertama-tama aku menasihatkan: Naikkanlah permohonan, doa syafaat dan ucapan syukur untuk semua orang, untuk raja-raja dan untuk semua pembesar, agar kita dapat hidup tenang dan tenteram dalam segala kesalehan dan kehormatan. Itulah yang baik dan yang berkenan kepada Allah, Juruselamat kita, yang menghendaki supaya semua orang diselamatkan dan memperoleh pengetahuan akan kebenaran.

Allah itu esa dan esa pula Dia yang menjadi pengantara antara Allah dan manusia, yaitu manusia Kristus Yesus, yang telah menyerahkan diri-Nya sebagai tebusan bagi semua manusia: itu kesaksian pada waktu yang ditentukan. Untuk kesaksian itulah aku telah ditetapkan sebagai pemberita dan rasul – yang kukatakan ini benar, aku tidak berdusta – dan sebagai pengajar orang-orang bukan Yahudi, dalam iman dan kebenaran.

Oleh karena itu aku ingin, supaya di mana-mana orang laki-laki berdoa dengan menadahkan tangan yang suci, tanpa marah dan tanpa perselisihan. 

Bacaan Injil, Luk 16:1-13

Sekali peristiwa Yesus berkata kepada murid-murid-Nya, ”Ada seorang kaya yang mempunyai seorang bendahara. Kepadanya disampaikan tuduhan, bahwa bendahara itu menghamburkan miliknya. Lalu ia memanggil bendahara itu dan berkata kepadanya: Apakah yang kudengar tentang engkau? Berilah pertanggungan jawab atas urusanmu, sebab engkau tidak boleh lagi bekerja sebagai bendahara.

Kata bendahara itu di dalam hatinya: Apakah yang harus aku perbuat? Tuanku memecat aku dari jabatanku sebagai bendahara. Mencangkul aku tidak dapat, mengemis aku malu. Aku tahu apa yang akan aku perbuat, supaya apabila aku dipecat dari jabatanku sebagai bendahara, ada orang yang akan menampung aku di rumah mereka.

Lalu bendahara itu memanggil seorang demi seorang yang berhutang kepada tuannya. Katanya kepada yang pertama: Berapakah hutangmu kepada tuanku? Jawab orang itu: Seratus tempayan minyak. Lalu katanya kepada orang itu: Inilah surat hutangmu, duduklah dan buat surat hutang lain sekarang juga: Lima puluh tempayan. Kemudian ia berkata kepada yang kedua: Dan berapakah hutangmu? Jawab orang itu: Seratus pikul gandum. Katanya kepada orang itu: Inilah surat hutangmu, buatlah surat hutang lain: Delapan puluh pikul. Lalu tuan itu memuji bendahara yang tidak jujur itu, karena ia telah bertindak dengan cerdik. Sebab anak-anak dunia ini lebih cerdik terhadap sesamanya dari pada anak-anak terang. Dan Aku berkata kepadamu: Ikatlah persahabatan dengan mempergunakan Mamon yang tidak jujur, supaya jika Mamon itu tidak dapat menolong lagi, kamu diterima di dalam kemah abadi.
Barangsiapa setia dalam perkara-perkara kecil, ia setia juga dalam perkara-perkara besar. Dan barangsiapa tidak benar dalam perkara-perkara kecil, ia tidak benar juga dalam perkara-perkara besar. Jadi, jikalau kamu tidak setia dalam hal Mamon yang tidak jujur, siapakah yang akan mempercayakan kepadamu harta yang sesungguhnya? Dan jikalau kamu tidak setia dalam harta orang lain, siapakah yang akan menyerahkan hartamu sendiri kepadamu? Seorang hamba tidak dapat mengabdi kepada dua tuan. Karena jika demikian ia akan membenci yang seorang dan mengasihi yang lain, atau ia akan setia kepada yang seorang dan tidak mengindahkan yang lain. Kamu tidak dapat mengabdi kepada Allah dan kepada Mamon.

Renungan Padat

Kita masih ingat, gelombang protes masyarakat terhadap pejabat-pejabat pemerintahannya di awal Bulan September 2025 ini. Bukan hanya terjadi di Indonesia, tapi juga di beberapa negara lain. Yang paling dahsyat, Nepal. Kita tau beritanya dari media internasional bagaimana situasi di sana. Akar penyebabnya sama. Rakyat gerah dengan keadaan mereka yang serba sulit. Sementara itu para pejabat (baca:pelayan) pemerintahan dirasa tidak mencarikan solusi bagi rakyat. Yang ada justru joget-joget, pamer kekayaan pribadi, Flexing sana-sini. Kegerahan berubah menjadi kemarahan.
Situasi semacam itu memang menjadi penyakit sepanjang sejarah. Ketika orang-orang yang dipercaya untuk mengelola sumber daya untuk kesejahteraan bersama malah memakainya untuk kesejahteraan pribadi. Amanat yang diberikan oleh rakyat dilupakan demi keuntungan sendiri. Amos berdiri di tengah-tengah situasi seperti itu.
Amos, seorang peternak domba biasa tiba-tiba diutus oleh Tuhan untuk menyuarakan kebenaran dan keresahan hati Tuhan terhadap kondisi umat-Nya. Perutusannya hanya sebentar, tiga bulan, tapi itu cukup untuk menunjukkan ketidakadilan yang sedang terjadi pada umat pilihan Allah itu. Mereka melakukan ibadat dengan meriah, tapi masyarakat tidak diperlakukan dengan adil. Menginjak-injak orang miskin, membinasakan orang sengsara, berniaga dengan curang dan penuh tipuan.

Mari kita ingat pesan Sabda Tuhan dalam Injil hari ini. Barangsiapa setia pada perkara-perkara kecil, juga akan setia pada perkara-perkara besar. Ujian pertama kesetiaan kita kepada Tuhan adalah, apakah kita bisa setia dengan benar mengelola mamon yang tidak jujur, mengelola harta orang lain. Kalau itu tidak mampu kita lakukan, bagaimana kita juga bisa dengan setia dan benar mengelola harta milik kita sendiri?
Kita tidak bisa mengabdi pada dua Tuan. Abdilah pada kebenaran Allah dan kesetiaan kepada Allah – dengan demikian kita bisa mengambil jarak pada Mamon dan harta dunia ini.

Jadi kamu gimana?

RA

Renungan Pesta Pemuliaan Salib Suci, Minggu 14 September 2025

Bacaan Pertama, Bil 21:4-9

Ketika umat Israel berangkat dari gunung Hor, berjalan ke arah Laut Teberau untuk mengelilingi tanah Edom, maka bangsa itu tidak dapat lagi menahan hati di tengah jalan. Lalu mereka berkata-kata melawan Allah dan Musa: ”Mengapa kamu memimpin kami keluar dari Mesir? Supaya kami mati di padang gurun ini? Sebab di sini tidak ada roti dan tidak ada air, dan akan makanan hambar ini kami telah muak.”

Lalu Tuhan menyuruh ular-ular tedung ke antara bangsa itu, yang memagut mereka, sehingga banyak dari orang Israel yang mati. Kemudian datanglah bangsa itu mendapatkan Musa dan berkata: ”Kami telah berdosa, sebab kami berkata-kata melawan Tuhan dan engkau; berdoalah kepada Tuhan, supaya dijauhkan-Nya ular-ular ini dari pada kami.”

Lalu Musa berdoa untuk bangsa itu. Maka berfirmanlah Tuhan kepada Musa: ”Buatlah ular tedung dan taruhlah itu pada sebuah tiang; maka setiap orang yang terpagut, jika ia melihatnya, akan tetap hidup.”

Lalu Musa membuat ular tembaga dan menaruhnya pada sebuah tiang; maka jika seseorang dipagut ular, dan ia memandang kepada ular tembaga itu, tetaplah ia hidup.”

‭‭
Bacaan Kedua, Filipi 2:6-11
Saudara-saudara, Yesus Kristus, walaupun dalam rupa Allah, tidak menganggap kesetaraan dengan Allah itu sebagai milik yang harus dipertahankan, melainkan telah mengosongkan diri-Nya sendiri, dan mengambil rupa seorang hamba, dan menjadi sama dengan manusia. Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib. Itulah sebabnya Allah sangat meninggikan Dia dan mengaruniakan kepada-Nya nama di atas segala nama, supaya dalam nama Yesus bertekuk lutut segala yang ada di langit dan yang ada di atas bumi dan yang ada di bawah bumi, dan segala lidah mengaku: ”Yesus Kristus adalah Tuhan,”.

‭‭
Bacaan Injil, Yoh 3:13-17

Dalam percakapan dengan Nikodemus, Yesus berkata, “Tidak ada seorang pun yang telah naik ke sorga, selain dari pada Dia yang telah turun dari sorga, yaitu Anak Manusia.

Dan sama seperti Musa meninggikan ular di padang gurun, demikian juga Anak Manusia harus ditinggikan, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya beroleh hidup yang kekal. Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal. Sebab Allah mengutus Anak-Nya ke dalam dunia bukan untuk menghakimi dunia, melainkan untuk menyelamatkannya.”
‭‭
Renungan Padat

Kunci untuk memahami pesan sabda Tuhan hari ini adalah Kristus. Dalam Kristus, semuanya menjadi baru. Termasuk pemaknaan kita tentang salib. Di luar Kristus, salib adalah hukuman bagi orang yang melakukan kesalahan. Kalau kita melihat sejarah bagaimana hukuman salib itu diadakan oleh pemerintah roma, kita akan tau betapa hinanya hukuman salib itu. Mereka yang bersalah dan pantas dihukum mati, tidak langsung dihukum mati. Misalnya, dipenggal gitu lebih enak, tanpa rasa sakit, hilang hitam dalam sekejap. Tapi jika kematian itu harus melalui salib, kematian menjadi semakin menyakitkan, memalukan dan menakutkan. Bagaimana tidak, lihat saja apa yang dialami Yesus saat Dia disalib. Ia ditelanjangi, tubuh-Nya digantung tangan dan kaki diikat dan dipaku pada kayu sehingga tidak berbuat apa-apa. Itu dilakukan di depan umum dan dilihat orang.  Betul-betul hukuman yang merendahkan martabat manusia serendah-rendahnya sampai hina tak ada harganya.

Tapi dalam Kristus, salib yang hina seperti itu menjadi tanda keselamatan. Tanda pemuliaan. Oleh Tuhan, apa yang hina diubah menjadi yang mulia. Tanda karya Allah ini sudah ada sejak kisah dalam Kitab Bilangan. Ular yang menjadi alat hukuman bagi umat Allah yang bersungut-sungut, sekaligus menjadi tanda yang menyelamatkan bagi mereka yang memandang tiang ular.

Mengapa bisa demikian? Salib yang hina, dalam Kristus menjadi salib yang mulia. Sebab Kristus yang tersalib, adalah Allah yang mengosongkan diri-Nya. Yang tidak menganggap keserupaan-Nya dengan Allah sebagai sesuatu yang perlu dipertahankan. Melainkan, dalam salib Kristus memberikan diri-Nya, hidup-Nya bagi kita, sehingga siapapun yang memandang, melihat dan menyatukan diri dengan salib dan kematian-Nya akan memperoleh kehidupan yang kekal. Memandang dan menyatukan diri dengan Salib Kristus, bahkan wafat bersama-Nya akan memperoleh hidup juga bersama-Nya.

Jadi, masih takut buat-buat tanda salib?

RA

 

Download Panduan LOMBA DESAIN LOGO ARDAS/APP TAHUN 2026 KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA

tema: “KEUTUHAN ALAM CIPTAAN”

 

 PENGANTAR GERAKAN KAJ DI TAHUN ARDAS/APP 2026

 Tema Ardas/APP KAJ 2026 adalah “KEUTUHAN ALAM CIPTAAN”  merupakan aspek keberlanjutan dari tema sebelumnya yaitu: “KEPEDULIAN LEBIH KEPADA SAUDARA YANG LEMAH DAN MISKIN” (2025), “SUBSIDIARITAS DAN SOLIDARITAS” (2024), “KESEJAHTERAAN BERSAMA” (2023) dan “PENGHORMATAN MARTABAT MANUSIA” (2022).

Semua tema-tema ini saling berkesinambungan dan berkelanjutan. Tidak bisa melepaskan satu tema dari tema yang lain. Kini kita di penghujung Tahun ARDAS Lima Tahunan KAJ, yaitu 2026.

Di tahun 2026 ini, Gereja KAJ diundang untuk melakukan PERTOBATAN EKOLOGIS untuk menyembuhkan ‘luka-luka alam ciptaan yang disebabkan oleh manusia. Allah menciptakan segala sesuatu baik adanya. Manusia diajak untuk melestarikan untuk generasi berikut. Kita akan melakukan habitus kecil namun berdampak sosial namun dilakukan dengan cinta yang besar.

Kerusakan alam terjadi di beberapa wilayah tanah air. Lingkungan hidup dan demokrasi menjadi rusak ketika oligark dan penguasa memanipulasi hukum lewat politik balas budi. Kajian Lingkungan Hidup Strategis harus diselenggarakan sesuai prosedur hukum sebelum pemberian izin penambangan maupun pembukaan lahan diberikan.

  

DOWNLOAD TOR/PANDUAN LOMBA

REKOMENDASI GERAKAN

 Gerakan Sustainability

G.S. menekankan penggunaan sumber daya alam secara bijaksana, pengurangan limbah, dan pemilihan produk yang ramah lingkungan.

Gerakan Ekonomi Sirkular

G.E.S. meminimalkan limbah dan polusi, memperpanjang siklus hidup produk, dan meregenerasi sistem alam.

Gerakan Transformasi Perilaku

Gerakan memelihara alam ciptaan harus dimulai dari gerakan perubahan habitus / perilaku yang konsisten & bersama.

 

LOGO HARUS MENCERMINKAN:

 Semangat yang MENGGERAKKAN orang untuk semakin bersikap DAN bertindak sesuai Pengantar TEMA ARDAS/APP 2026 di atas, yaitu Merawat Bumi dan Alam Ciptaan “KEUTUHAN ALAM CIPTAAN”.

Logo Menampilkan cita-cita umat Katolik KAJ yang menunjukkan untuk berani melakukan AKSI NYATA Menjaga KEUTUHAN ALAM CIPTAAN. Beberapa contoh sederhana; Membuang sampah pada tempatnya, mengolah sampah, menanam tanaman, tidak menggunakan plastik berlebihan,  hidup sederhana, hemat dan tidak konsumtif, memelihara tanah, hutan, air dan mahluk ciptaan lainnya.

 Untuk itu LOGO yang dibuat HARUS mengandung MAKNA dan juga berisi TULISAN Tema “KEUTUHAN ALAM CIPTAAN”.

 

KETENTUAN UMUM

 Lomba ini dimaksudkan untuk menghasilkan desain logo TAHUN ARDAS 2026 sekaligus menjadi logo APP 2026 yang akan dipergunakan sepanjang tahun 2026 dalam bentuk sticker, poster, banner di paroki-paroki dan bentuk-bentuk lainnya sebagai upaya pengumatan atau sosialisasi gerakan

  1. Lomba ini terbuka dan berlaku untuk umum, per-orangan maupun kelompok, beragama Dengan melampirkan Identitas Diri Peserta (nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, asal paroki, pendidikan terakhir, pekerjaan, alamat rumah, dan nomor telp./WA) serta dilampirkan foto atau scan KTP/SIM/identitas lainnya.
  2. Setiap peserta dapat mengirimkan maksimal 2 (dua) desain logo dan setiap peserta tidak dipungut biaya
  3. Di dalam LOGO harus TERDAPAT Tulisan:
  • “KEUTUHAN ALAM CIPTAAN”
  • ARDAS 2026
  • KEUSKUPAN AGUNG JAKARTA (dan atau LOGO KAJ)
  1. Semua desain logo harus MELAMPIRKAN Tulisan DAN Makna Logo, merefleksikan spiritualitas, dan semangat “KEUTUHAN ALAM CIPTAAN”, sebagaimana telah dijelaskan dalam PENGANTAR TAHUN ARDAS 2026 di awal TOR ini.
  2. Desain logo wajib disertai lampiran keterangan gambar logo yang memuat latar belakang konsep pemikiran rancangan, filosofis, dan harus dijelaskan secara terperinci makna atau arti dari jenis, bentuk, warna, yang dipilih dalam mendesain logo tersebut.
  3. Semua karya/rancangan desain yang dikirim oleh peserta haruslah karya orisinal/asli, belum pernah dipublikasikan dalam bentuk apa pun dan belum pernah diikut-sertakan dalam lomba mana
  4. Logo dibuat se-Kreatif mungkin dan memiliki ciri Artistik serta
  5. Semua logo yang masuk dan ikut dalam lomba menjadi milik Keuskupan Agung Jakarta dan tidak diperkenankan ikut serta dalam lomba sejenis untuk pihak lain.

 

KETENTUAN KHUSUS

  1. File Desain logo berukuran besar dan tajam serta jelas.
  2. Dikirim berupa PDF dan juga berupa file mentah .AI (Adobe Ilustrator), dan/atau .PSD (Photoshop) dan/atau Diharapkan tidak menggunakan CANVA ATAU SOFTWARE GENERATE LOGO INSTAN LAINNYA. Logo sebaiknya berbentuk Vektor.

Karya desain logo dikirim ke email kajkomsos@gmail.com dengan subyek “Lomba Logo Ardas KAJ 2026” disertai Identitas Diri Peserta, paling lambat 1 OKTOBER 2025 pukul 23:59 WIB.

 

BERHADIAH TOTAL Rp 6.000.000,00 untuk

3 (TIGA) PEMENANG    LOMBA DESAIN LOGO

Hasil rancangan desain yang masuk kategori pemenang menjadi milik Keuskupan Agung Jakarta dan tidak mutlak diterima sebagai hasil final akan tetapi akan diadakan penyempurnaan sesuai penilaian Dewan Juri dan team Logo.

 

Demikian ketentuan Lomba Logo ARDAS/APP 2026 Keuskupan Agung Jakarta.

 

 

Hormat kami,

 

REYNALDO ANTONI PR

(Ketua Komisi KOMSOS KAJ)

RENUNGAN MINGGU BIASA XXIII, 7 September 2025

Bacaan Pertama, Keb 9:13-18

Manusia manakah dapat mengenal rencana Allah, atau siapakah dapat memikirkan apa yang dikehendaki Tuhan? Pikiran segala makhluk yang fana adalah hina, dan pertimbangan kami ini tidak tetap. Sebab jiwa dibebani badan yang fana, dan kemah dari tanah memberatkan budi yang banyak berpikir. Sukar kami menerka apa yang ada di bumi, dan dengan susah payah kami menemukan apa yang ada di tangan, tapi siapa gerangan telah menyelami apa yang ada di sorga? Siapa gerangan sampai mengenal kehendak-Mu, kalau Engkau sendiri tidak menganugerahkan kebijaksanaan, dan jika Roh Kudus-Mu dari atas tidak Kauutus? Demikianlah diluruskan lorong orang yang ada di bumi, dan kepada manusia diajarkan apa yang berkenan pada-Mu, maka oleh kebijaksanaan mereka diselamatkan.”

Bacaan Kedua, Flm 1:9b-10.12-17

Saudara yang terkasih, Aku, Paulus, yang sudah menjadi tua, lagipula sekarang dipenjarakan karena Kristus Yesus, mengajukan permintaan kepadamu mengenai anakku yang kudapat selagi aku dalam penjara, yakni Onesimus Dia kusuruh kembali kepadamu – dia, yaitu buah hatiku –. Sebenarnya aku mau menahan dia di sini sebagai gantimu untuk melayani aku selama aku dipenjarakan karena Injil, tetapi tanpa persetujuanmu, aku tidak mau berbuat sesuatu, supaya yang baik itu jangan engkau lakukan seolah-olah dengan paksa, melainkan dengan sukarela. Sebab mungkin karena itulah dia dipisahkan sejenak dari padamu, supaya engkau dapat menerimanya untuk selama-lamanya, bukan lagi sebagai hamba, melainkan lebih dari pada hamba, yaitu sebagai saudara yang kekasih, bagiku sudah demikian, apalagi bagimu, baik secara manusia maupun di dalam Tuhan. Kalau engkau menganggap aku temanmu seiman, terimalah dia seperti aku sendiri.”

Bacaan Injil, Luk 14:25-33

Pada suatu kali banyak orang berduyun-duyun mengikuti Yesus dalam perjalanan-Nya. Sambil berpaling Ia berkata kepada mereka: ”Jikalau seorang datang kepada-Ku dan ia tidak membenci bapanya, ibunya, isterinya, anak-anaknya, saudara-saudaranya laki-laki atau perempuan, bahkan nyawanya sendiri, ia tidak dapat menjadi murid-Ku. Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Sebab siapakah di antara kamu yang kalau mau mendirikan sebuah menara tidak duduk dahulu membuat anggaran biayanya, kalau-kalau cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? Supaya jikalau ia sudah meletakkan dasarnya dan tidak dapat menyelesaikannya, jangan-jangan semua orang yang melihatnya, mengejek dia, sambil berkata: Orang itu mulai mendirikan, tetapi ia tidak sanggup menyelesaikannya. Atau, raja manakah yang kalau mau pergi berperang melawan raja lain tidak duduk dahulu untuk mempertimbangkan, apakah dengan sepuluh ribu orang ia sanggup menghadapi lawan yang mendatanginya dengan dua puluh ribu orang? Jikalau tidak, ia akan mengirim utusan selama musuh itu masih jauh untuk menanyakan syarat-syarat perdamaian.

Demikian pulalah tiap-tiap orang di antara kamu, yang tidak melepaskan dirinya dari segala miliknya, tidak dapat menjadi murid-Ku.

Renungan Curhat

Di medio bulan Agustus yang lalu, ada sebuah event balapan sepeda mandiri berjudul “bentang jawa”. Para peserta yang sudah diseleksi berlomba menyelesaikan rute selatan pulau jawa dari titik awal pantai carita hingga finish di Banyuwangi berjarak 1500km dan elevasi maksimal 17000m. Balapan ini sifatnya unsupported. Jadi setiap peserta urus sendiri semua. Ya semua. Termasuk ketika harus beristirahat, makan, pun kalau ada kerusakan sepeda di tengah jalan. Di tahun 2025 ini, ada 185 peserta terdaftar. 6 peserta DNS (did not start), dan hasilnya 119 peserta finish di bawah cut off time (COT). Tidak ada hadiah spektakuler di garis finish. Tapi kebanggaan hati pribadi bahwa pernah ikut event ini dan menyelesaikannya. Itu reward yang jauh lebih utama dari apapun.

Jujur saya kepingin nyobain race ini. Tapi saya takut. Takut tidak mampu menyelesaikan. Bulan lalu saya pernah coba bersepeda jakarta-sentul pp total 150km aja kaki sudah minta ampun. Butuh rehat 3-4 hari agar bisa kembali fit. Perlu latihan disiplin dan dedikasi tinggi untuk mempersiapkan diri kalau memang benar-benar mau ikut acara seperti itu. Jangan-jangan nanti saya ikut cuma karena karena kepingin aja. Tapi begitu melakukan malah menyerah. Lalu untuk apa?

Siapakah di antaramu, yang hendak membangun menara tidak duduk dahulu membuat anggaran, supaya cukup uangnya untuk menyelesaikan pekerjaan itu? 

Injil hari ini menantang siapapun yang menyatakan dirinya sebagai Murid Kristus. Saya menganalogikan perjalanan kita sebagai Murid Tuhan sebagai perlombaan, lari jarak jauh, atau bersepeda jarak jauh. Perjalanan ini tidak boleh dianggap sepele. Perlu persiapan matang. Hanya membawa yang sangat penting saja. Banyak membawa barang, mungkin akan memberi jaminan aman – tapi membuat perjalanan menjadi lebih berat.

Paulus juga tahu, di penjara hidupnya akan berakhir sebentar lagi. Dia tidak punya apa-apa lagi. Hanya Onesimus, yang ia miliki untuk melayani dia di penjara. Dan Paulus sadar harus melepaskan Onesimus sebagai orang merdeka. Maka itu ia mengirim Onesimus kepada Filemon dan minta supaya Filemon menerimanya bukan sebagai budak, tapi orang merdeka. Bahkan sebagai saudara yang terkasih.

Semoga kita tidak memandang status kita sebagai orang Katolik dengan sepele. Iman kita anggap remeh saja. Taken for Granted. Ada syukur, ga juga gpp. Ada ya dipegang, dilepas juga gpp. Kalau memang itu yang masih kita pikirkan. Kata-kata Yesus bisa kita renungkan; Ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Barangsiapa tidak memikul salibnya dan mengikut Aku, ia tidak dapat menjadi murid-Ku.

Jadi, kamu gimana?

RA

Himbauan Kardinal Ignatius Suharyo kepada Umat Keuskupan Agung Jakarta

Mencermati kondisi bangsa yang sangat memprihatinkan beberapa hari terakhir ini, kita diajak untuk memahaminya sebagai tanda-tanda jaman.

Dalam keadaan seperti ini saya menghimbau:
1. Umat, khususnya Umat Katolik Keuskupan Agung Jakarta, untuk tetap menjaga kejernihan dan keteguhan sikap.
2. Memperkuat solidaritas sosial masyarakat untuk kesejahteraan bersama
3. Sebagai Warga Negara dalam peran yang berbeda-beda, kita dipanggil untuk memikul tanggung jawab sejarah yang terumuskan dalam Pembukaan Undang Undang Dasar 1945.

Mari kita menjaga Jakarta, saling jaga, menjaga Indonesia.
Semoga Tuhan Yang Maha Esa yang telah menghantar bangsa kita kepada kemerdekaan
menjaga, melindungi dan memberkati bangsa kita.

Jakarta, 31 Agustus 2025

#KAJ #HimbauanKardinal #KardinalIgnatiusSuharyo

RENUNGAN MINGGU BIASA XXII – 31 Agustus 2025

Bacaan Pertama, Sir 3:17-18.20.28-29

Anakku, lakukanlah pekerjaanmu dengan sopan, maka engkau akan lebih disayangi dari pada orang yang ramah-tamah. Makin besar engkau, patutlah makin kaurendahkan dirimu, supaya engkau dapat karunia di hadapan Tuhan. Sebab besarlah kekuasaan Tuhan, dan oleh yang hina-dina Ia dihormati. Kemalangan tidak menyembuhkan orang sombong, sebab tumbuhan keburukan berakar di dalam dirinya. Hati yang arif merenungkan amsal, dan telinga pendengar merupakan idaman orang bijak.

Bacaan Kedua, Ibr 12:18-19.22-24a

Saudara-saudara, kamu tidak datang kepada gunung yang dapat disentuh dan api yang menyala-nyala, kamu tidak mengalami kekelaman, kegelapan dan angin badai, kamu tidak mendengar bunyi sangkakala dan suara dahsyat yang membuat mereka yang mendengarnya memohon, supaya jangan lagi berbicara kepada mereka.

Sebaliknya kamu sudah datang ke Bukit Sion, ke kota Allah yang hidup, Yerusalem sorgawi. Kamu sudah datang kepada beribu-ribu malaikat, suatu kumpulan yang meriah, dan kepada jemaat anak-anak sulung, yang namanya terdaftar di sorga, Kamu telah sampai kepada Allah, yang menghakimi semua orang, dan kepada roh-roh orang-orang benar yang telah menjadi sempurna. Dan kamu telah datang kepada Yesus, Pengantara perjanjian baru.
‭‭

Bacaan Injil, Luk 14:1.7-14

Pada suatu hari Sabat Yesus datang ke rumah salah seorang pemimpin dari orang-orang Farisi untuk makan di situ. Semua yang hadir mengamat-amati Dia dengan saksama.

Karena Yesus melihat, bahwa tamu-tamu berusaha menduduki tempat-tempat kehormatan, Ia mengatakan perumpamaan ini kepada mereka: ”Kalau seorang mengundang engkau ke pesta perkawinan, janganlah duduk di tempat kehormatan, sebab mungkin orang itu telah mengundang seorang yang lebih terhormat dari padamu, supaya orang itu, yang mengundang engkau dan dia, jangan datang dan berkata kepadamu: Berilah tempat ini kepada orang itu. Lalu engkau dengan malu harus pergi duduk di tempat yang paling rendah. Tetapi, apabila engkau diundang, pergilah duduk di tempat yang paling rendah. Mungkin tuan rumah akan datang dan berkata kepadamu: Sahabat, silakan duduk di depan. Dan dengan demikian engkau akan menerima hormat di depan mata semua tamu yang lain. Sebab barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Dan Yesus berkata juga kepada orang yang mengundang Dia: ”Apabila engkau mengadakan perjamuan siang atau perjamuan malam, janganlah engkau mengundang sahabat-sahabatmu atau saudara-saudaramu atau kaum keluargamu atau tetangga-tetanggamu yang kaya, karena mereka akan membalasnya dengan mengundang engkau pula dan dengan demikian engkau mendapat balasnya. Tetapi apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, orang-orang cacat, orang-orang lumpuh dan orang-orang buta. Dan engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya kepadamu. Sebab engkau akan mendapat balasnya pada hari kebangkitan orang-orang benar.”

Renungan Padat

Saya tuh suka mikir yang random berdasarkan apa yang saya amati. Salah satu yang pernah terlintas – dan ini perlu diteliti lebih lanjut yaitu tentang perbedaan psikologi orang pendek dan orang tinggi. Jujur, tinggi saya di atas rata-rata (183 cm) orang Indonesia. Hal ini kadang membawa saya untuk memilih bersikap inferior. Mengapa? karna saya tidak butuh effort apapun agar terlihat oleh orang lain. Saya cuma diam saja di tengah banyak orang, itu sudah cukup membuat saya “kelihatan”. Jadi karena itu terkadang saya memilih untuk melakukan suatu pekerjaan pada peran ‘tak terlihat’.

Berbeda misalnya dengan orang bertubuh pendek (mungkin di bawah 160 cm). Ada yang namanya little man syndrome atau Napoleon complex (bisa dibaca artikel idn times tentang little man syndrome). Sindrom ini biasa ada pada pria bertubuh pendek. Ia akan menutupi inferioritas tubuhnya dengan kompensasi yang lain. Misalnya, kecerdasan, kelincahan, agresifitas, kompetitif dan apapun yang mencolok. Pokoknya apapun yang dilakukan agar ia “terlihat”. Karena kalau dia diam dia tidak kelihatan. Maka, mungkin ada beberapa orang – tidak semua – yang belum bisa menerima dirinya lalu dengan sedemikian rupa berusaha keras untuk menutupi kekurangannya itu alih-alih menerima.

Itu hal spontan yang sekilas muncul dalam permenungan saya.

Kitab Putra Sirakh – yang bermuatan kebijaksanaan itu mengingatkan: Makin besar engkau, patutlah makin kaurendahkan dirimu supaya engkau mendapatkan karunia di hadapan Tuhan.

Dalam bacaan Injil, di sebuah perjamuan makan, Yesus melihat banyak orang berusaha duduk di tempat kehormatan. Banyak orang berusaha untuk ‘terlihat’. Berusaha untuk menjadi mulia dan terhormat. Tempat di mana mereka duduk itu menentukan seberapa terhormat orang itu. Jadi kehormatan itu bukan terletak pada identitas pribadi yang otentik, melainkan dari apa yang dikenakan dan diduduki.

Yesus mengingatkan, barangsiapa meninggikan dirinya akan direndahkan, dan barangsiapa merendahkan diri akan ditinggikan.

Ini bukan berarti bahwa kita dilarang untuk menjadi hebat, mulia dan terhormat. Tapi yang diingatkan adalah bahwa kemuliaan dan kehormatan bukan tujuan utama yang digapai, tapi adalah pemberian. Itu semua dianugerahkan ketika kita mau menjadi rendah. Menjadi pelayan bagi semuanya, khususnya mereka yang miskin, cacat, lumpuh, buta dan mereka yang tidak bisa membalas pelayananmu.

Jadi kamu gimana?

RA

 

RENUNGAN MINGGU BIASA XXI, 24 Agustus 2025

Bacaan Pertama, Yes 66:18-21

Beginilah Firman tuhan, “Aku mengenal segala perbuatan dan rancangan mereka, dan Aku datang untuk mengumpulkan segala bangsa dari semua bahasa, dan mereka itu akan datang dan melihat kemuliaan-Ku. Aku akan menaruh tanda di tengah-tengah mereka dan akan mengutus dari antara mereka orang-orang yang terluput kepada bangsa-bangsa, yakni Tarsis, Pul dan Lud, ke Mesekh dan Rosh, ke Tubal dan Yawan, ke pulau-pulau yang jauh yang belum pernah mendengar kabar tentang Aku dan yang belum pernah melihat kemuliaan-Ku, supaya mereka memberitakan kemuliaan-Ku di antara bangsa-bangsa. Mereka itu akan membawa semua saudaramu dari antara segala bangsa sebagai korban untuk Tuhan di atas kuda dan kereta dan di atas usungan, di atas bagal dan unta betina yang cepat, ke atas gunung-Ku yang kudus, ke Yerusalem, firman Tuhan, sama seperti orang Israel membawa korban dalam wadah yang tahir ke dalam rumah Tuhan. Juga dari antara mereka akan Kuambil imam-imam dan orang-orang Lewi”.

Bacaan Kedua, Ibr 12:5-7.11-13

Saudara-saudara, Janganlah kamu lupa akan nasihat yang berbicara kepada kamu seperti kepada anak-anak: ”Hai anakku, janganlah meremehkan didikan Tuhan, dan janganlah putus asa apabila engkau diperingatkan oleh-Nya; karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.

Jika kamu menerima hajaran, maka di situ Allah memperlakukan kamu seperti anak. Di manakah terdapat anak yang tidak dihajar oleh ayahnya? Memang tiap-tiap ganjaran pada waktu ia diberikan tidak mendatangkan sukacita, tetapi dukacita. Namun kemudian ia menghasilkan buah kebenaran yang memberikan damai kepada mereka yang dilatih olehnya. Sebab itu kuatkanlah tangan yang lemah dan lutut yang goyah; dan luruskanlah jalan bagi kakimu, sehingga yang pincang jangan terpelecok, tetapi menjadi sembuh.”

Bacaan Injil, Luk 13:22-30

Dalam perjalanan-Nya ke Yerusalem Yesus berjalan keliling dari kota ke kota dan dari desa ke desa sambil mengajar. Maka bertanyalah orang kepada-Nya: ”Tuhan, sedikit sajakah orang yang diselamatkan?”

Jawab Yesus kepada orang-orang di situ: ”Berjuanglah untuk masuk melalui pintu yang sesak itu! Sebab Aku berkata kepadamu: Banyak orang akan berusaha untuk masuk, tetapi tidak akan dapat. Jika tuan rumah telah bangkit dan telah menutup pintu, kamu akan berdiri di luar dan mengetok-ngetok pintu sambil berkata: Tuan, bukakanlah kami pintu! dan Ia akan menjawab dan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang. Maka kamu akan berkata: Kami telah makan dan minum di hadapan-Mu dan Engkau telah mengajar di jalan-jalan kota kami.

Tetapi Ia akan berkata kepadamu: Aku tidak tahu dari mana kamu datang, enyahlah dari hadapan-Ku, hai kamu sekalian yang melakukan kejahatan! Di sanalah akan terdapat ratap dan kertak gigi, apabila kamu akan melihat Abraham dan Ishak dan Yakub dan semua nabi di dalam Kerajaan Allah, tetapi kamu sendiri dicampakkan ke luar. Dan orang akan datang dari Timur dan Barat dan dari Utara dan Selatan dan mereka akan duduk makan di dalam Kerajaan Allah. Dan sesungguhnya ada orang yang terakhir yang akan menjadi orang yang terdahulu dan ada orang yang terdahulu yang akan menjadi orang yang terakhir.”

Renungan Padat

“Karena sama seperti semua orang mati dalam persekutuan dengan Adam, demikian pula semua orang akan dihidupkan kembali dalam persekutuan dengan Kristus” (1Kor 15:22).

Petikan dari Surat Paulus menghantar kita untuk masuk dalam permenungan minggu ini. Singkatnya, persekutuan dengan Adam akan membuat kita mati kekal, sebaliknya kehidupan kembali dalam kekal akan diperoleh berkat persekutauan dengan Kristus. Jadi kunci kehidupan kekal adalah Persekutuan dengan Kristus.

Siapa-siapa saja yang menyatakan dirinya bersekutu dengan Kristus diberi tanda jelas. Sebuah materi kekal tak terhapuskan. Menerima Sakramen Baptis. Tapi apakah itu cukup? Jelas tidak cukup. Karunia ini perlu diperjuangkan untuk masuk ke pintu yang sesak. Karena bisa jadi.. dalam perjalanan kita berkhianat, menyangkal – memilih bersekutu dengan yang lain.

Dalam perjalanan yang berat, bisa jadi kita rasa persekutuan dengan Kristus tidak membawa manfaat apa-apa. Muncul rasa lelah, bosan. Seperti hidup menghajar kita bertubi-tubi. Sehingga hal-hal lain di luar Kristus lebih menarik dan menyenangkan, dan kita memilih yang lain itu.

Padahal semuanya itu ada sebagai ujian kesetiaan kita dalam persekutuan. Justru dengan semakin bertahan dan percaya, ikatan itu dapat semakin kuat. Mereka yang tetap berbuat baik di tengah lingkaran kejahatan. Mereka yang tetap berharap dalam situasi pesimis. Mereka yang tetap berjalan meski tak ada teman. Mereka yang tetap hadir merayakan Ekaristi meskipun tidak ada satu pun yang bisa disyukuri.

Berbahagialah. Orang yang terakhir akan menjadi yang terdahulu. Mereka yang bertahan sampai akhir dalam persekutuan dengan Kristus akan memperoleh kehidupan kekal bersama-Nya.

RA

 

 

API KARUNIA TUHAN: BAPA KARDINAL MENGAJAR -Rasul Paulus: Berjumpa dengan Kristus

Tema:
Rasul Paulus: Berjumpa dengan Kristus

Renungan awal oleh :
*🎤 Rm. Stefanus Tino Dwi Prasetiyo, Pr.

⛪ Tempat : GRHA PEMUDA, Lantai 4, Jl. Katedral, Jakarta Pusat
🗓 Hari/Tanggal : Sabtu / 23 Agustus 2025
⏰ Waktu : Pk 09.00 – Pk 12.00

Biaya pendaftaran (sebagai pengganti konsumsi) ditransfer ke:
BCA 5440343343 atas nama Keuskupan Agung Jakarta
Rp. 50.001/ orang (mohon ditambah angka 1)

**Harap menuliskan nama peserta di kolom berita transfer

Link Pendaftaran :
https://akt.kaj.or.id

Dibuka untuk UMUM
(kuota terbatas)
Pendaftaran akan ditutup tanggal 20 Agustus 2025 atau jika kuota sudah PENUH terlebih dahulu

Informasi (WA ONLY):
wa.me/+6287877890393 (Jeanette)
wa.me/+6281380295678
(Viorent)

Terbaru

Populer