Bahan Bulan Kitab Suci KAJ (BKS) 2014 oleh Komisi Kitab Suci KAJ

Populer

 
Sdr/sdri Terkasih dalam Kristus, berikut ini kami berikan Bahan Bulan Kitab Suci (BKS) KAJ 2014 dari Komisi Kitab Suci KAJ:
 

 
 
KAJ download
 
 

11 COMMENTS

  1. Bolehkah kami memohon bahan yang sudah dalam bentuk buku seperti biasanya ? . Mohon dikirim via e-mail. Terima kasih.

    • Ytk. Sdr Vincent Tjoet, sebenarnya kami sudah meminta semua bahan final (file digital komputer) yang dimiliki Kom KKS terkait BKS 2014 KAJ ini. Namun mereka hanya memberikan bahan Presentasi Rangkuman menyeluruh bahan BKS 2014 KAJ ini. Jika ingin memperolehnya silahkan menghubungi mereka langsung di Kom. KKS KAJ 021-3519193. Pax Christi

  2. Shalom,
    Melalui surat ini saya ingin bertanya tentang bahan Bulan Kitab Suci 2014 ini yaitu mengenai slide 50 s/d 53, apa arti dari gambar2 tsb?
    Mohon infonya.
    Terima kasih, Tuhan Memberkati.
    FXGA

    • Ytk. Sdr Gunawan, sebenarnya yang lebih tahu dan berhak untuk menjawab ini adalah Para Romo dan Tim penyusun bahan BKS 2014 KAJ ini. Silahkan menghubungi mereka di Kom. KKS KAJ 021-3519193. Namun menurut kami, slide 50-53, adalah slide untuk menggugah kita umat Katolik untuk semakin mencintai Alkitab, dengan rajin membacanya, mengikuti pendalaman kitab suci, merenungkan dan mempraktekkan ajaran Tuhan dalam Alkitab. Mengapa demikian? Karena bukan rahasia lagi kalo banyak umat Katolik kurang mencintai Alkitabnya, jarang direnungkan atau dibaca baik secara pribadi ataupun kelompok. Pax Christi

      • Bila memang sudah mengetahui kurang rajin membaca, kurang mencintai dan mengikuti pendalaman mengapa tidak diberikan modul seperti tahun kemarin sehingga umat yang ” malas membaca, kurang cinta, dan tidak ada waktu untuk pendalaman ” menjadi tambah bingung dengan tampilan slide power point dan slide gambar bila kita sebagai pemandu juga bingung ? Bagaimana mereka yang ” pemalas , kurang cinta dan yg tdk ada waktu ?

    • Shalom FX Gunawan Arifin,
      slide 50, umat yahudi sejak usia dini sudah diajari baca kitab suci.
      slide 51, demikian juga umat islam, mengajari anak anak mengaji membaca KS walaupun artinya belum tahu krn ditulis dalam bhs arab.
      slide 52, umat protestan begitu semangat berkumpul membaca dan membahas KS dalam kelompok.
      slide 52, umat katolik sangat bersemangat dalam persekutuan doa, yg datg pasti banyak, tapi ketika membaca dan membahas KS yg datang dikit banget, jadi kurang lengkap kalau umat katolik jarang membaca KS dirumah atau dalam kelompok.
      Begitu kira-kira yg bisa saya tangkap dari slide 50-52 dan slide 53 ajakan agar umat katolik juga melakukan hal seperti umat yahudi,islam dan protestan.

  3. Saya kira tidak ada masalah dengan slide 50-52, justru slide itu mengajak seluruh umat katolik agar lebih giat dalam membaca kitab suci.
    coba kita bayangkan gereja sampai memberikan waktu khusus bulan sept sebagai Bulan kitab Suci, itu kita bisa lihat berapa orang yang datang dalam pertemuan lingkungan. Jadi menurut saya slide itu sangat tepat untuk sedikit “menyadarkan umat katolik” yang bahkan tidak tau dimana alkitabnya diletakkan, karena tidak pernah dibaca…..(semoga tidak demikian parahnya)
    Salam.
    Jul Em Las Simanungkalit

  4. Kita harus benar-benar menyelidiki mengapa umat kurang/tidak mau ber PA?
    Menurut saya,sebabnya adalah bawa yang disebut “pemandu” ataupun “fasilitator” sendiri tidak/kurang memahami materi.Sering antara bahan dan kutipan KS-nya kurang klop atau diklop-klopkan.
    Mengapa BKSN ataupun paroki-paroki tidak mempunyai program khusus memotivasi untuk menimbulkan minat umat ber PA? Mengapa umat selalu langsung dicemplungkan dalam tema-tema yang pada umumnya condong bernada sosio-ekonomi?

  5. Maaf kalau boleh ikutan berkomentar sedikit supaya umat katolik selalu bersemangat dalam aktivitas di lingkungannya. Td malam lingkungan saya sdh mengawali pertemuan bulan kitab suci 2014. Untuk buku itu oleh paroki dibagi ke wilayah lalu disebarkan lagi ke lingkungan. 1 keluarga mendapat 1 buku. Sedangkan utk slide dan makalah yg seperti di powerpoint tsb di atas dipegang oleh pemandu. Dan kami bersama warga lingkungan bisa membahasnya dengan baik karena cukup jelas diurainya. Hanya tinggal mencari contoh2 yg dialami oleh para warga ( 2-3 orang ). Untuk pemandu/fasilitator yang bersedia tidak ada dan akhirnya oleh ketua lingkungan ditunjuk langsung. Dan akhirnya tidak bs menghindar. Nah pada saat diundang pengumatan sebelum tanggalnya banyak diantara pemandu yg mempunyai anak masih kecil dan pulang gereja harus pergi sehingga mrk mengikuti pengumatan setengah jalan. Dan juga kadang-kadang gereja mengadakan penyuluhan bagi pemandu/fasilitator tapi tdk ada yg hadir. Malahan umat yg ingin tahu saja yg hadir dan tdk merasa ada kewajiban untuk memandu warga. Terima kasih. Dan mudah2an awal yg baik bagi semua umat di paroki untuk saling mengingatkan bilamana ada pertemuan di lingkungan untuk menyempatkan diri hadir. Tuhan memberkati.

  6. salam damai semua. mohon maaf sebelumnya, menurut saya pendalaman alkitab/pendalaman iman ramai atau tidak nya dihadiri tetap dipengaruhi oleh cara penyampaian dan pelaksanaannya. sama seperti kita memasarkan produk pada umumnya hanya saja ini produknya adalah bacaan rohani. saya pribadi lebih suka yang ada dialog seperti diskusi-forum dan pembimbingnya mungkin bisa juga share pengalaman hidup/pengalaman imannya. saya tidak menggurui karena saya juga baru mau mulai merintis di lingkungan saya untuk bisa 1x per bulan pendalaman alkitab/pendalaman iman dengan berkaca kepada saudara kita yang secara regular 1x per minggu mengadakan kegiatan yang sama. bagi saya ini adalah masalah kita bersama untuk kita bisa bangkit dan merangkul saudara2 kita yang lain untuk lebih berkembang. saya pribadi masih mencari teman diskusi untuk topik2 yang menarik yang bisa dibawakan untuk sharing.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

RADIO LINE KAJ

INFO TERBARU

TERPOPULER

ARTIKEL LAINNYA

Open chat
Butuh Bantuan?
Adakah yang bisa kami bantu?